Friday, 8 February 2013

Dewa Cao Kung Kong

Tradisi Memuja Dewa Cao Kung Kong

Dewa ini dipercaya sebagai pelindung keluarga


Penduduk Tiongkok telah memiliki tradisi memuja Dewa Dapur lebih dari 2000 tahun. Dewa Dapur atau Cao Kung Kong atau dikenal juga dengan nama Zao Jun atau Zao Shen, adalah penjaga dapur, dan pengawas tingkah laku semua anggota keluarga, sekaligus juga pemberi rejeki.

Dewa Dapur dipercaya sebagai pelindung keluarga dan tinggal dalam dapur setiap rumah. Di antara dewa-dewi dalam riwayat Tiongkok, Dewa Dapur paling dihormati karena dapur adalah pusat rejeki.

Setiap menjelang Imlek, Toapehkong Dapur (Cao Kun Kong) Naik ke kahyangan untuk melapor kepada Giok Hong Siang Te tanggal 24 bulan 12 imlek (kalender Tionghoa) dan Toapehkong Dapur Turun kembali ke bumi tanggal 4 bulan 1 imlek (kalender Tionghoa).

Dewa dapur terbang  ke kahyangan menghadap Kaisar Langit (Thian) melaporkan rekapan perbuatan penghuni rumah selama satu tahun. Selama itu, masyarakat Tionghoa mengadakan doa. Agar laporannya bagus warga keturunan Tionghoa, baik pemeluk aliran Khong Hu Cu maupun aliran Tao menggelar persembahyangan dan pemberian upeti. 

Meski cara ini mirip tindakan menyuap, namun tradisi kepercayaan dipertahankan selama ratusan tahun masyarakat Tiongkok, maupun sebagian masyarakat etnis Tionghoa. Suap dan sesaji, bertujuan agar Dewa Kung Kong hanya melaporkan yang bagus-bagus. Sesaji harus mengandung tiga unsur, udara diwakili ayam, unsur air diwakili ikan, dan unsur darat adalah babi. Selain itu ada juga buah-buahan dan manisan.

Jika Zao Jun memberikan laporan jelek terhadap suatu keluarga, Kaisar Langit akan memberikan hukuman. Setelah sepuluh hari di Kahyangan, Kung Kong turun kembali ke tempatnya semula.

Dewa Dapur memiliki banyak versi. Diantaranya, konon Dewa Dapur adalah Kaisar Shen Nong yang mengajari manusia bercocok tanam dan menciptakan api. Karena jasanya yang besar, setelah meninggal menjadi dewa bernama Zao Shen atau Dewa Dapur.

Versi lainnya, konon Zao Jun sebenarnya adalah manusia yang hidup di bumi bernama Zhang Lang, namun memperlakukan istrinya secara semena-mena. Karena merasa bersalah, Zhang Lang melompat ke tungku dapur. Karena kasihan, Langit atau Thian mengangkatnya menjadi Dewa Dapur.

Berita Terkait
Sumber

1 comment:

  1. This info is invaluable. Where can I find out more?


    Also visit my web blog - property recruitment agencies london

    ReplyDelete

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.