Friday, 31 August 2012

Kamera Sony NEX-5R


Sony NEX-5R Gabungan Kamera 
Mirrorless dan Smartphone

Sony NEX-5R/PetaPixel
KOMPAS.com - Belakangan muncul trend konvergensi fungsionalitas antara perangkat kamera digital dan smartphone. Setelah Nikon merilis kamera saku berbasis Android pada 22 Agustus lalu, kini giliran Sony mengikuti langkah serupa dengan merilis NEX-5R, kamera yang dilengkapi konektivitas WiFi 802.11 b/g dan mampu menjalankan aplikasi.

Bedanya dengan kamera-kamera sebelumnya, NEX-5R adalah kamera mirrorless yang merupakan jenis hybrid antara DSLR dan pocket camera. Tubuhnya seukuran kamera saku, sementara kualitas gambar yang dihasilkan setara DSLR. Lensanya pun bisa digonta-ganti.

Sony NEX-5R yang diperkenalkan pada ajang pameran IFA di Berlin hari Rabu (29/8/2012) kemarin ini mampu menambahkan fitur-fitur baru melalui aplikasi PlayMemories. Sejumlah fungsi tambahan yang sudah tersedia meliputi "Picture Effect+", "Bracket Pro", "Multi Frame NR", "Photo Retouch", dan "Smart Remote Control". Fungsi-fungsi menarik lain seperti "Time-Lapse" dan "Cinematic Photo" akan menyusul.

Fungsi-fungsi baru tersebut bisa diperoleh melalui toko aplikasi milik Sony sendiri yang berbeda dari Google Play atau Android Market.

Foto-foto hasil tangkapan NEX-5R bisa ditransfer ke perangkat Android atau iOS lewat aplikasi PlayMemories Mobile App yang tersedia di kedua platform tersebut. Ingin upload foto langsung ke Facebook? NEX-5R pun bisa melakukannya lewat koneksi WiFi.

Di luar kapabilitas-kapabilitas ala smartphone di atas, Sony tak lupa memperbarui fungsi-fungsi kamera tradisional pada NEX-5R. Mirrorless dengan sensor APS-C 16.1 Megapixel yang sensitivitasnya bisa didongkrak hingga ISO 25,600 ini dilengkapi dengan sistem Auto Fokus (AF) "hybrid" yang mengkombinasikan metode contrast dan phase detect 99 titik.

Hasilnya, Sony NEX-5R diklaim mampu mengunci fokus dengan sangat cepat. Burst rate kamera ini mencapai 10 frame per detik dengan AF tracking.

Perekaman video bisa dilakukan dalam resolusi full-HD (1920x1080) dengan frame rate 60 FPS. Untuk memperkaya kemungkinan sudut pengambilan gambar dan memungkinkan penggunanya melakukan self-portrait, Sony melengkapi NEX-5R dengan LCD 3 inci yang bisa diputar hingga 180 derajat ke arah depan.

Sony NEX-5R dijadwalkan mulai tersedia pada Oktober 2012. Calon pembeli bisa memilih di antara 3 warna: silver, hitam, atau putih. Harganya 750 dollar AS dengan lensa 18-55 dan 650 dollar AS untuk versi body-only.

Sumber : PetaPixel

Berita Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.