Tuesday, 3 April 2012

Si Manis: Kucing

Si Meong "Tomcat" Terunik di Dunia


Ghiboo.com - Istilah 'tomcat' yang satu ini bukan merujuk pada kumbang beracun yang sedang santer diberitakan melukai sejumlah warga di Surabaya. Namun pada sebutan kucing jantan (istilah 'tomcat' di Amerika sering diartikan kucing lelaki) yang memiliki ciri fisik unik.

Meski terlihat cantik atau menarik, sebagian besar 'kelainan' fisik kucing kucing ini justru berasal dari mutasi gen. Namun, tak jarang juga mereka sengaja dikembangbiakan dengan mengawinkan berbagai jenis ras.  

Berikut sejumlah daftar 'Tomcat' atau kucing jantan terunik dunia seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Scottish Fold 


Kucing mirip burung hantu ini awalnya dinamai Flops karena kupingnya yang "floppy" atau terkulai. Mutasi gen membuat tulang rawan telinganya berisi dan terlipat sehingga telinganya membungkuk ke depan. Nama Scottish Fold menjadi nama yang berkembang di tahun 1966.

2. Sphynx


Kucing langka ini memiliki nama lain Canadian Hairless, karena dianggap tidak memiliki bulu sama sekali. Padahal mereka sesungguhnya ditutupi bulu sangat pendek dan halus.

Kucing unik ini sempat terancam punah pada 1966, akibat terlambat dikembangbiakan. Namun pada 1967 seekor ibu Sphynx dan anaknya berhasil diselamatkan dan dibawa ke London dan berhasil dikembangbiakan.

3. Teacup Persians


Sesuai namanya, Teacup Persians memiliki ukuran sangat kecil, bahkan sampai bisa dimasukan ke dalam cangkir gelas. Mereka lahir bukan karena kelainan gen atau, tapi hasil dari pembiakan selektif.

Sekilas, kucing ini terlihat sama saja dengan kucing Persia normal lain, dengan bulu panjang dan wajah 'rata'. Uniknya, kucing ini tidak bisa tumbuh lebih tinggi dari 8 inchi dan memiliki bobot maksimal 2,7 kilogram untuk yang jantan dan 3 kilogram, untuk betina. Kucing Persia normalnya berbobot 4, 5 kilogram hingga 5, 8 kilogram.

4. Peterbald


Kucing 'botak' ini berasal dari Rusia. Sama seperti Spyhnx, kucing ini sebenarnya memiliki bulu sangat pendek dan halus yang kasat mata. Seekor Peterbald memiliki sosok elegan ramping dengan bentuk kepala khas: sempit dan panjang dengan profil lurus, mata berbentuk almond, dan telinga besar. Mereka kehilangan gen rambut dan kulit mereka memiliki warna penampilan abu-abu.

Peterbalds terkenal ramah, ingin tahu, pintar, enerjik dan mampu hidup harmonis dengan hewan peliharaan lain dan juga anak anak.

5. Turkish Angora


Yang unik dari kucing Angora asal Turki ini adalah warna bola matanya, yang bisa berbeda antara kanan dan kiri. Warna matanya bisa berwarna biru di kanan dan hijau di kiri. Meski unik, warna biru pada bola mata ternyata jadi indikasi penyakit tuli pada kucing ini. Jika bola mata berwarna biru ada di sebelah kanan, berarti telinga di sisi itu tuli.

6. Oriental Shorthair


Sekilas, kucing unik ini memang mirip Anjing. Ia mengkombinasikan karakter kucing Siam dengan keragaman warna dan pola. Kucing ini tidak hanya cerdas dan sangat ramah, tapi juga emosional, menuntut dan seringkali cukup vokal.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.