Thursday, 26 April 2012

Dicanangkan Pekerjaan MRT


Pencanangan dilakukan 
di Stadion Lebak Bulus 
Jakarta Selatan


Impian warga Jakarta untuk mempunyai transportasi massal berbasis rel yaitu mass rapid transit (MRT) segera terwujud. Kamis (26/4), pukul 14.00 WIB, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) akan mencanangkan pengerjaan persiapan konstruksi fisik atau groundbreaking MRT Koridor Utara-Selatan Tahap I sepanjang 15,7 kilometer, dengan rute Lebak Bulus-Bunderan Hotel Indonesia (HI). Pencanangan dilakukan di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
"Memang benar. Gubernur akan mencanangkan pembangunan MRT hari ini pukul 14.00," kata Cucu di Balaikota, Jakarta, Kamis (26/4)," kata Juru Bicara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Cucu A Kurnia.

Menurutnya, dengan pencanangan tersebut, tahap awal pembangunan MRT sudah dapat dimulai. Di antaranya mengerjakan pemindahan Terminal Angkutan Umum Lebak Bulus, pemindahan Stadion Olahraga Lebak Bulus, pemindahan ultilitas, pelebaran Jalan Fatmawati, dan pembangunan kantor proyek.

Pekerjaan persiapan akan rampung akhir tahun mendatang. Lalu dilanjutkan dengan pekerjaan fisik pada Januari 2013. "Kita harapkan MRT sudah bisa beroperasi melayani masyarakat pada akhir tahun 2016," tuturnya.

"Pencanangan ini merupakan langkah serius sekaligus strategis dari Pemprov DKI dalam membenahi persoalan transportasi di Ibukota. MRT, akan menjadi moda transportasi andalan dan tulang punggung pembenahan transportasi di Jakarta," ujarnya.

Dia menuturkan, kehadiran MRT memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih transportasi aman, nyaman, dan tepat waktu. Sehingga, terjadi perpindahaan dari pengguna kendaraan pribadi ke MRT. Itu akan berdampak pada pengurangan kemacetan di jalan-jalan Jakarta.

Sementara itu, soal adanya keraguan dari masyarakat terkait masa depan proyek MRTm, Cucu menegaskan bahwa pihaknya siap 100 persen. "Masyarakat tidak perlu khawatir karena proyek MRT Tahap I ini sudah siap dilaksanakan. Apalagi, dari segala aspek, terutama pembiayaan, Amdal, dan aspek teknis lainnya telah rampung," paparnya.

Ditemui terpisah, Kepala Biro Komunikasi PT MRT Jakarta, Manpalagupta Sitorus mengatakan pencanangan ini adalah keseriusan dalam mewujudkan kebutuhan warga Jakarta akan transportasi publik modern.

Dia pun memberikan apresiasi kepada pemilik utilitas di sepanjang rute Lebak Bulus hingga Bunderan HI yang bersedia memindahkan jaringannya sebelum pengerjaan konstruksi fisik dimulai. "Kami terus mengadakan koordinasi dengan pemilik utilitas dan mereka telah bersedia memindahkan utilitasnya," kata Gupta.

Bahkan, lanjutnya, sebelum pencanangan ini, PD Pengolahan Air Limbah (PAL) Jaya telah memulai pemindahan jaringan utiitasnya di Jalan Sudirman satu bulan lalu. Hingga saat ini, pemindahan utilitas tersebut masih dikerjakan PD PAL Jaya.

Penulis: Lenny Tistia Tambun/ Ardi Mandiri

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.