Friday, 16 March 2012

Layar Retina iPad Baru

Kecanggihan Layar Retina
Membuat iPad Terbaru 
Kebanjiran Pujian

 
RENNY Y. ADYSTIANI - tabloidbintang.com
iPad terbaru telah diluncurkan, dengan layar Retina sebagai fitur andalannya. Seperti apa ketangguhannya?


Perbandingan tampilan layar iPad 2 (kiri) dan iPad baru 
dengan layar Retina (kanan), (dok. Getty Images)
New iPad dilengkapi Retina display dengan 3,1 juta pixel di atas layar IPS. Teknologi ini disebut Retina display karena gambarnya tetap tajam dan halus dengan titik-titik pixel yang tidak terlihat dari jarak 15 inch.


Ketajamannya sama seperti retina mata saat menangkap objek penglihatan. Saat tim dari Apple menguji fitur ini dengan aplikasi Autodesk Sketchbook Ink, gambar yang dibuat terlihat seolah lukisan asli yang dibuat dengan cat dan kuas.

Keunggulan fitur Retina display dihujani pujian dari sejumlah pengamat tekno dan media internasional. Wall Street Journal menyebutnya sebagai tampilan layar paling spektakuler yang pernah dibuat di perangkat mobile.

Dalam ukuran rangka layar yang sama dengan iPad 2, Apple mampu menanamkan teknologi yang begitu canggih lewat memeras empat kali kekuatan dari layar pendahulunya. Barisan teks terlihat lebih tajam, foto pun nampak lebih kaya warna.

Lalu apakah New iPad layak dibeli?

Walter Mossberg dari Wall Street Journal menyarankan Anda untuk tidak terburu-buru, terlebih jika Anda sudah memiliki iPad 2. Kecuali tampilan layar yang super tajam, fitur lain tidak jauh berbeda, katanya.
Bagi Anda yang menggunakan iPad sebagai perangkat membaca secara virtual alias e-reader, layar retina tentu akan membantu hobi membaca Anda.

Bahan aluminum dan kaca yang membalut rangka iPad generasi ketiga memang terlihat berkilau saat ditimpa cahaya, tapi bukan itu yang menjadi pusat keunikannya.

Dalam reviewnya, Tech Crunch menulis, seunik dan senyentrik apapun tampilan suatu gadget –khususnya touch screen- pandangan mata akan tetap tertuju pada layar.

Lagi-lagi pujian diterima Apple. Menurut MG Siegler dari Tech Crunch, layar Retina dengan ketajaman tinggi membuat iPad terbaru terlihat seperti majalah fashion dengan kertas glossy.

Foto-foto pun nampak seperti foto yang sudah diprint, bukan dilihat melalui layar.
 

Lain lagi dengan Slash Gear yang sedikit berandai-andai. Vincent Nguyen dari Slash Gear menuturkan, seandainya Steve Jobs masih hidup, dia pasti langsung setuju begitu tim Apple mengajukan konsep layar

Retina, Jobs tidak akan berpikir dua kali, karena dia pasti langsung suka.
Ya, kalau Steve Jobs suka, begitu juga dengan para maniak Apple di dunia. (rere/gur)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.