Saturday, 26 November 2011

Awas: Kopi Tercemar


 Temuan BPPOM
Waspadalah, Ada 22 Merek Kopi Tercemar

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 22 merek kopi mengandung bahan kimia obat (BKO) yang berbahaya bagi kesehatan.

Ilustrasi: Kopi pun berkhasiat bagi kesehatan asalkan
Anda tahu takarannya secara tepat.
(sumber: digitalart/freedigitalphotos)
Untuk itu, BPPOM meminta masyarakat untuk tidak mengonsumsi kopi tersebut. "Dari hasil sampling kami terhadap 56 jenis produk kopi, 22 produk di antaranya setelah dilakukan pengujian laboratorium mengandung BKO sildenafil dan tadalafil yang biasanya digunakan untuk pengobatan disfungsi ereksi," kata Kepala BPOM Kustantinah di Jakarta, seperti ditulis laman beritasatu.com, Jumat (25/11).

Ke-22 produk kopi tersebut adalah 39 Sa Kao 3 in 1 Kopi Mix Plus Ekstrak Jahe, 39 Sa Kao Kopi Mix Ginseng Korea 3 in 1, Bel-Bel Kopi Susu Ekstra produksi PT Mandala Cahaya Sentosa, Black Borneo Platinum Coffee produksi PT Victoabel Food Industry, Dream Coffee produksi PT Mandala Cahaya Sentosa-Sidoarjo dan PT International Green Natural, Dynamic Coffee/Dynamic Coffee Nusantara/Dynamic Tribulus Coffee produksi PT Daya Dinamika Nusantara/ PT Aimfood Indonesia dan kopi bermerek Golden Life.

Selain itu, BKO juga ditemukan pada merek kopi Good Coffee Premium/Good Coffee produksi PT Putra Gudti Indonesia, CV Bin Halim untuk PT Putra, Herba Max Coffee yang didistribusikan oleh PT Solusky, Jahe Mix Barokah SP, Jomoon Instan Coffee produksi PT Green Nirmala- Sidoarjo, Joss Fly Coffee Plus Panax Ginseng produksi PT Mandala Cahaya Sentosa, Kopi Cleng-Sehat Nikmat Berstamina produksi CV Jamu Moro Sehat dan Kopi KPH/Kopi Kuat.

Juga dirazia Kopi Mahabbah produksi PT Mandala CS/Mahabbah Group, Kopi Pasutri produksi Al Jazira Herbal Bekasi, Kopi Strong 234 produksi PT Hamiegi Bandung, Maca-Tekh produksi PT Wootekh Jakarta, Matador Coffee, Mawaddah Coffee, On Coffee, dan Premium Energy Coffee.

Masyarakat diharap untuk tidak mengonsumsi kopi-kopi tersebut karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, muka merah, pusing, mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, infark myocard, nyeri dada maupun denyut cepat (palpitasi).

"Yang terpenting adalah dampaknya pada jantung, nyeri dada, denyut tambah cepat. Yang diharapkan potensi seksualnya tinggi, kalau terlalu banyak mengonsumsi ini, malah bisa hilang sama sekali, bahkan juga dapat menyebabkan kematian," ujar Kustantinah.

Penderita penyakit jantung juga ditekankan untuk tidak mengonsumsi bahan obat tersebut yang dapat mempercepat detak jantung dan menyebabkan kematian.
"Bisa dibayangkan jika masyarakat tidak mengetahui ini. Kopi adalah minuman yang diminum tiap hari, pagi siang dan malam," kata Kustantinah.

BPOM menemukan di label kemasan kopi-kopi tersebut memiliki no registrasi dengan kode PIRT atau pangan yang diproduksi oleh industri rumah tangga yang izinnya dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten/kota.
"Tapi label PIRT di produk-produk ini perlu kita konfirmasi. Bisa jadi nomor registrasi ini palsu," kata Kustantinah.

BPOM telah mengirimkan surat peringatan bagi pemerintah daerah kabupaten/kota sesuai dengan nomor registrasi PIRT dan jika ditemukan ada produk yang telah diberikan izin maka akan dimintakan pembatalan.
"Kita juga ingatkan bagi pelaku usaha yang memproduksi atau memasarkan kopi-kopi ini agar menghentikan produksi dan peredaran produk ini," ujar Kustantinah.

Berdasarkan UU 7/1996 tentang Pangan di pasal 55, pelaku pelanggaran semacam itu dapat diajukan secara hukum dan terancam sanksi pidana penjara maksimal 5 tahun atau denda maksimal Rp. 600 juta.

Top 10 University

Universitas Paling Populer 
di Dunia


University of Cambridge

Harvard University

Yale University

University College London

Massachusetts Institute of Technology

University of Oxford

Imperial College London

The University of Chicago

California Institute of Technology

Princeton University

Wednesday, 23 November 2011

Putihkan Gigi

Pantangan dan Anjuran
Usai Memutihkan Gigi

Putro Agus Harnowo - detikHealth


Jakarta, Memutihkan gigi akan menjadi sisa-sia jika tidak memperhatikan dan makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan bisa menjaga gigi tetap putih tapi beberapa makanan lain justru mempercepat pemudaran warna gigi yang telah putih.

Salah satu cara yang paling utama adalah dengan memperhatikan makanan yang dimakan. Memakan makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya dapat membantu menjaga gigi tetap putih setelah menggunakan pemutih.

"Bagi banyak orang yang telah mendapat hasil memuaskan setelah menggunakan produk pemutih gigi atau mengunjungi dokter gigi, yang menjadi perhatian cukup signifikan adalah bagaimana menjaga gigi tetap putih setelah pemutihan," kata Dr Raymond Garrison, profesor dan ketua Wake Forest Baptist Departemen Kedokteran Gigi seperti dilansir Healthday.com, Rabu (23/11/2011).

Dr Garrison menjelaskan ada makanan yang benar-benar membantu untuk menjaga gigi tetap putih, bahkan dapat membantu menghindari waktu dan biaya yang diperlukan untuk memutihkan gigi.

Makanan yang dianjurkan usai melakukan pemutihan gigi adalah:

1. Produk buah-buahan dan sayuran seperti apel, buncis, kembang kol, wortel dan seledri membantu menggosok gigi saat dikunyah. Makanan seperti ini juga membantu meningkatkan aliran air liur yang menetralisir asam dan melindungi gigi.
2. Produk susu yang kaya kalsium dan keju juga membantu menjaga gigi tetap putih. Asam laktat dalam produk ini membantu mencegah kerusakan. Keju yang keras juga membantu menghilangkan partikel makanan yang tersisa di gigi.

Makanan yang harus dipantang atau dibatasi usai melakukan pemutihan gigi adalah:
1. Tembakau
2. Kecap
3. Minuman ringan, kopi, teh
4. Anggur merah dan putih
5. Blueberry.

Makanan ini harus dibatasi sangat mudah meninggalkan berwarna pada gigi yang telah diputihkan.

Pemutihan gigi sampai saat ini merupakan metode yang efektif untuk memutihkan gigi, namun dapat menyebabkan efek jangka pendek seperti gigi sensitif. Perawatan pemutihan yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi seperti erosi enamel.

"Sebelum melakukan pemutihan gigi atau menggunakan whitening kit, berkonsultasilah dulu ke dokter gigi," ucap Dr Garrison.(ir/ir).

Pikun: Lupa Makan

Saking Pikunnya
Orang Juga Bisa Lupa Makan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Hubungan antara berat badan dan fungsi otak sudah lama menarik perhatian para ahli. Penelitian terbaru membuktikan bahwa orang gemuk lebih rentan pikun, tapi sebaliknya orang pikun malah cenderung semakin kurus karena sering lupa makan.

Fenomena yang saling berkebalikan ini disbeut dengan istilah "obesity paradox" atau paradoks orang gemuk. Di satu sisi kegemukan menyebabkan pikun, namun ketika sudah pikun risiko kegemukan justru berkurang dan berat badan cenderung semakin berkurang.

Kesimpulan bahwa orang gemuk lebih rentan pikun dibuktikan oleh para ahli dari Kansas University dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Neurology. Dikatakan dalam penelitian itu, orang yang gemuk di usia paruh baya cenderung akan terkena salah satu jenis penyakit pikun yakni Alzheimer.

Ketika seseorang sudah terkena Alzheimer, susunan saraf pusatnya mengalami perubahan sehingga fungsi otaknya juga terpengaruh. Gejala yang paling khas seperti halnya kepikunan yang lain adalah sering lupa, termasuk di antaranya adalah lupa makan.

"Sebenarnya belum jelas apakah turunnya berat badan adalah bagian dari Alzheimer, atau hanya efek samping dari penyakit tersebut. Namun ada hubungan antara keduanya," ungkap Dr. Anne Corbett yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (23/11/2011).

Kemungkinan lainnya menurut Dr. Corbett adalah, Alzheimer atau pikun membuat orang menjadi lebih banyak diam dan tidak beraktivitas. Sesuai sifat alamiahnya, otot jika tidak banyak digunakan akan menyusut sehingga secara keseluruhan akan mengurangi berat badan.

Apapun penyebab pastinya, Dr. Corbett menyarankan agar orang-orang yang mulai memasuki usia paruh baya untuk menjaga berat badan. Meski terbukti pikun bisa mengurangi berat badan, namun tentunya tidak ada yang ingin mengalami kerusakan sel-sel otak dulu baru bisa kurus. (up/ir).

Tuesday, 22 November 2011

Perolehan Medali SEA Games 2011


SEA Games XXVI
11 s/d 21 November 2011
Palembang - Jakarta


Usai sudah, Setelah 12 hari digelar, pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games, ke-XXVI resmi berakhir dan ditutup oleh Wakil Presiden Boediono, pada Selasa (22/11/2011) malam. Indonesia selaku Tuan rumah tampil menjadi yang terbaik, sebagai Juara Umum.
Selanjutnya SEA Games ke-XXVII, 2013 akan berlangsung di Myanmar.
Bravo Indonesia ... Bravo Olahraga.


Klasemen Akhir Perolehan Medali

  1. Indonesia 181 - 151 - 141 = 473

  2. Thailand 107 - 98 - 120 =325

  3. Vietnam 96 - 90 - 101 =287

  4. Malaysia 59 - 50 - 79 = 188

  5. Singapore 42 - 45 - 73 = 160

  6. Philippines 36 - 56 - 77 =169 

  7. Myanmar 16 - 27 - 35 =78 

  8. Laos 9 - 12 - 36 =47

  9. Cambodia 4 - 11 - 24 =39

10. Timor Leste 1 - 1 - 6 =8

11. Brunai 0 - 4 - 7 = 11

    Pulau Komodo

    Habitat Asli Hewan Langka di Dunia  


    Komodo
    K O M O D O (Photo Buku Wisata.com)
    Pada tahun 1910 Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn va Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan naga menyerupai monster di pulau tersebut. Laporan dari para anak buahnya tentang kadal raksasa ternyata bukan isapan jempol belaka. Steyn lantas membunuh salah satu komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

    Friday, 18 November 2011

    Tips: Cegah Kanker


    7 Cara Cegah Kanker Payudara

    Cegah ancaman kanker payudara sejak dini (c) topnews

    Kanker payudara, momok menakutkan bagi wanita. Yuk, ikuti 7 cara mencegah kanker payudara berikut ini!

    KapanLagi.com - Oleh: Agatha Yunita

    Kanker payudara adalah kanker yang menyerang jaringan payudara. Pada umumnya kanker jenis ini lebih banyak diderita oleh kaum hawa. Gejala kanker payudara ini agak sulit dikenali, karena tak ada rasa nyeri pada payudara. Namun, timbul benjolan yang semula berukuran kecil dan semakin lama semakin besar di payudara. Ciri-ciri pada umumnya, kulit puting susu menjadi tertarik ke dalam, warnanya merah muda atau kecoklatan, lambat laun akan mengerut seperti kulit jeruk atau bahkan jika keadaan cukup parah, maka akan timbul borok pada payudara. Borok, yang disebut sebagai ulkus dalam istilah kedokteran, akan semakin membesar, mendalam dan menghancurkan seluruh bagian payudara.

    Selain itu, jika kondisi masuk ke stadium yang lebih lanjut, seringkali terjadi pendarahan pada puting susu. Dan rasa nyeri mulai terasa saat sel kanker sudah membentuk tumor yang besar. Tak jarang pula, timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, dan lengan menjadi bengkak. Pada fase ini, kanker mulai menyebar ke seluruh tubuh.

    Membaca gejala tersebut tentunya membuat Anda begidik. Ya, siapa sih yang mau terserang penyakit yang menjadi momok bagi wanita ini? Tentunya Anda juga tak mau bukan? Nah, kalau begitu yuk kita ikuti 7 langkah mencegah kanker agar payudara kita tetap sehat.

    1. Menjaga berat badan normal tubuh

    Adalah suatu hal yang penting untuk menjaga berat normal tubuh. Karena saat tubuh kelebihan berat badan, maka banyak sumber penyakit yang mengincar dan segera memilih sarang, seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan termasuk kanker payudara. Woman tidak menyarankan Anda untuk diet ketat mati-matian dan tidak makan, tetapi justru diet sehat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

    2. Mandi keringat

    Mungkin terbayang di benak Anda saat membaca 'mandi keringat' dan berarti Anda akan mandi dengan air keringat. Oh, tidak bukan begitu maksud Woman. Mandi keringat yang dimaksud di sini adalah berolahraga sampai Anda berkeringat. Jalan sehat selama 30-60 menit sehari misalnya, Anda boleh menyepelekan olahraga yang satu ini, namun Anda tak akan pernah menyangka bahwa dengan berjalan 30-60 menit sehari Anda sudah membantu membakar lemak di tubuh.[break]

    3. Kurangi dan hindari alkohol

    Riset mengatakan, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat memicu kanker payudara. Jika Anda pecinta alkohol atau red wine, coba gantikan minuman tersebut dengan buah anggur segar, di mana kulit anggur mengandung resveratol yang dapat menghindarkan Anda dari resiko kanker payudara.

    4. Perbanyak konsumsi sayuran

    Sekali lagi Woman ingatkan, untuk menerima lamaran dan menikah dengan sayuran. Biarkan sepanjang menu hidup Anda diwarnai dengan aneka sayuran hijau dan berwarna. Tujuannya adalah untuk mencukupi nutrisi tubuh, di mana setiap nutrisi memegang peranan penting, dan khususnya mencegah sel-sel kanker merusak tubuh.

    5. Kenali sejarah kesehatan keluarga Anda

    Seperti dilansir oleh Womenshealthmag, 15% kasus kanker payudara yang dialami wanita adalah kasus keturunan dari keluarga. Dikatakan oleh dokter Freeman bahwa jika kita memiliki salah satu anggota keluarga yang pernah mengalami kanker payudara, maka kita juga memiliki resiko double mengidap kanker payudara.

    6. Periksakan secara rutin

    Hanya 1 dari 10 wanita yang memeriksakan kesehatannya secara rutin, termasuk mengecek kondisi payudara. Kebanyakan di antara kita tak peduli dan merasa sudah sehat, kemudian mengabaikan gejala-gejala yang timbul, dan menyesal saat menyadari bahwa mereka sudah menginjak stadium lebih lanjut.

    Jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda. Mulailah peduli pada kesehatan diri Anda. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar Anda terhindar dari segala macam penyakit, khususnya kanker payudara.

    7. Stop smoking!

    Tentunya Anda sudah membaca pada label kemasan rokok, tentang peringatan-peringatan yang disampaikan, termasuk peringatan akan bahaya ancaman kanker. Bagi sebagian besar wanita, merokok mungkin sudah menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan. Namun tetap perlu diingat bahwa setiap saat kesehatan Anda terancam. Jadi, ada baiknya Anda mencoba hidup sehat dan berhenti merokok demi kesehatan Anda.

    Jangan lupa, bagikan pula 7 tips mencegah kanker payudara ini pada sahabat dan orang-orang yang Anda sayangi. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? (wo/bee)

    Kijang Stop ke Istana


    Pakai Mobil Kijang
    Dilarang Masuk Istana


    JAKARTA - Perilaku hidup hedonis tak melulu terjadi di lingkungan para pejabat tapi sudah merambah ke semua lini masyarakat. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Persatuan Indonesia Mahadi Sinambela mempunyai pengalaman tentang perilaku hedonis yang berkembang pada masyarakat Indonesia.

    Ketika itu, Mahadi diundang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk hadir ke Istana Negara. Tiba-tiba saat mau masuk ke Istana, dirinya tak diperbolehkan masuk melalui pintu utama oleh Polisi Militer yang bertugas lantaran memakai mobil Kijang. Mahadi pun disuruh masuk melalui pintu belakang alias pintu kantor Kementerian Sekretariat Negara.Namun, kata dia, tak lama kemudian Mahadi pun dikejar kembali oleh PM karena baru mengetahui kalau dirinya merupakan tamu presiden SBY.

    "Sikap hedonis itu tak hanya di kalangan pejabat, tapi di kalangan petugas keamanan juga terjadi. Buktinya, tamu presiden kalau hanya memakai Kijang seperti saya tidak boleh masuk pintu utama. Kalau tamu yang memakai mobil mewah seperti Bentley, Alphard, dan lain-lain boleh melenggang masuk Istana Negara," ujar Mahadi saat diskusi di Gedung DPD dengan tema Betulkah Pejabat Negara Itu Hedonistis, Jakarta, Jumat (18/11/2011).

    Menurut dia, sikap hedonis itu terbentuk oleh lingkungan. Dia juga heran, dengan sikap para Satuan Pengaman (Satpam) yang sudah bersikap hedonis. Sebab perubahan sikap itu seakan-akan mengalami lompatan budaya yang cukup jauh.

    "Menjadi pejabat itu sedikit beda. Misalnya kalau masuk ke Gedung DPR saja, butut sedikit saja, Satpamnya marah-marah. Parkir tempat anggota pun diragukan. Ada culture jumping. Ada lompatan kultural, yang semula masih pakai sandal jepit tiba-tiba harus pakai yang lain," kata dia.

    Perubahan sikap hedonis itu tak lepas dari akibat perubahan sistem kepemerintahan. Di mana, pola itu juga mengakibatkan pada perubahan lingkungan menjadi serba bebas, sebagaimana saat ini terjadi.

    "Dari hasil reformasi yang semula hidup kita diatur oleh Orde Baru, ke arah reformasi yang bebas. Sekarang kan budaya kita agak liberal. Tapi realitasnya kita liberal. Perekonomian, sikap mental. Hampir semua terbuka. Apakah memang harus dilarang juga orang kaya pertontonkan kekayaannya," katanya.
                                                           

    Tuesday, 15 November 2011

    Gempa Turkey [Full Pic]


    The Turkey Earthquake

    The effort to save any remaining earthquake victims continues around the clock in the eastern province of Van in Turkey after an earthquake reduced many of its buildings to rubble on Sunday, Oct. 23. A two-week old baby girl, her mother and grandmother were rescued in Ercis on Tuesday, but most teams are finding only bodies among the ruins. The 7.2 magnitude quake has reportedly killed at least 450 people as of Tuesday night and damaged more than 2,000 structures. Survivors live on the streets and in tents provided by the government. -- Lloyd Young ( 28 photos total )

    About 46 hours after an earthquake decimated the Turkish town of Ercis, rescue workers cradle 14-day old Azra Karaduma after pulling her from a collapsed apartment building. “Given the work conditions and hardships of rescue teams, the best prize is to bring people back to life,” Ercan Toprak, leader of the rescue team that saved the girl, told NTV. “We feel the joy of connecting her back to life and hope her mother and grandmother will also be saved very shortly.” Her mother and grandmother had taken shelter with the baby behind a couch in their damaged apartment. After hearing their cries for help, rescuers drilled a hole into their wall. (Reuters)