Thursday, 27 January 2011

Bung TOMO Pahlawanku

S.U.T.O.M.O


Menteri Tenaga Kerja dan
Transmigrasi Republik Indonesia ke 10
Masa jabatan
27 Agustus 1964 – 26 Maret 1966
Sutomo (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 3 Oktober 1920 – meninggal di Padang Arafah, Arab Saudi, 7 Oktober 1981 pada umur 61 tahun)[1] lebih dikenal dengan sapaan akrab oleh rakyat sebagai Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Wednesday, 26 January 2011

Pejoeang Sejati

Panglima Besar 
Jenderal Soedirman

24 Januari 16 – 29 Januari 1950

Jenderal Soedirman

Jenderal Besar TNI Anumerta Soedirman (Ejaan Soewandi: Sudirman) (lahir di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1916 – meninggal di Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang berjuang pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Dalam sejarah perjuangan Republik Indonesia, ia dicatat sebagai Panglima dan Jenderal RI yang pertama dan termuda. Saat usia Soedirman 31 tahun ia telah menjadi seorang jenderal. Meski menderita sakit tuberkulosis paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya dalam perang pembelaan kemerdekaan RI. Pada tahun 1950 ia wafat karena penyakit tuberkulosis tersebut dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara di Semaki, Yogyakarta.

Saturday, 22 January 2011

Kitab Suci Allah SWT

Kitab Kitab Suci Terdahulu
Taurat, Zabur & Injil

Jakarta - Setiap NABI dan RASUL menerima wahyu (pengetahuan tentang tentang hukum syara sebagai pedoman hidupnya) dari Allah SWT. Wahyu-wahyu tersebut kemudian ada yang ditulis dan dikumpulkan dalam dalam bentuk suhuf (semacam brosur kecil), ada pula yang dibukukan menjadi kitab.

Thursday, 20 January 2011

Taliban


Siapa Bilang Taliban Anti Pendidikan 
Bagi Anak Perempuan


Taliban dilaporkan telah meninggalkan sikap oposisi mereka terhadap pendidikan anak perempuan di Afghanistan, menurut menteri pendidikan negara Afghanistan.

Farooq Wardak yang merupakan menteri pendidikan Afghanistan mengatakan bahwa dirinya melakukan pembicaraan dengan kelompok taliban dan telah mendapatkan perjanjian dan kesepakatan bahwa anak perempuan berhak untuk pergi ke sekolah.

Meteorit


7 Meteorit Terbesar di Bumi

Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bolide.

Tuesday, 18 January 2011

Indonesia 1999 s/d 2001


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 1999 s/d 2001
 Tahun 1999
  • Kekerasan etnis/agama terjadi di Maluku
  • Pemisahan Timor Timur menjadi negara merdeka melalui referendum yang disponsori oleh PBB; konflik antar pro-kemerdekaan dan pro-Indonesia menimbulkan banyak korban jiwa.
  • Pemilu 1999 - Pemilihan umum yang bebas diselenggarakan di Indonesia
  • Pengangkatan Abdurrahman Wahid sebagai Presiden

Monday, 17 January 2011

Indonesia 2002 s/d 2003


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 2002 s/d 2003
 Tahun 2002

Januari
  • Pemerintah Indonesia meresmikan komisi pelanggaran HAM untuk memeriksa dugaan pelanggaran HAM pada pemisahan Timor Timur 1999
  • Irian Jaya diberi kekuasaan otonom oleh Jakarta dan diperbolehkan berganti nama menjadi Papua
1 Januari - sebuah granat manggis meledak di depan Rumah Makan Ayam Bulungan, Jakarta. Satu orang tewas dan seorang lainnya luka-luka. Di Palu, Sulawesi Tengah, terjadi empat ledakan bom di berbagai gereja. Tidak ada korban jiwa.

Indonesia 2004


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 2004 
Tahun 2004

Januari

10 Januari - sebuah bom meledak di sebuah kafe di Palopo, Sulawesi menewaskan empat orang.

April

Indonesia 2005


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 2005
Tahun 2005


Januari

6 Januari - Di Jakarta, Indonesia diadakan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Tsunami yang dihadiri banyak pemimpin dunia seperti Menlu AS; Colin Powell, Sekjen PBB; Kofi Annan dan lain lain untuk membahas dampak dan menolong korban gempa bumi Samudra Hindia 2004.

Indonesia 2006


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 2006
Tahun 2006

Januari

1 Januari - Banjir bandang menewaskan 63 orang di Jember, Jawa Timur.

4 Januari - Tanah longsor di dusun Cijeruk, Banjarnegara, Jawa Tengah menyebabkan tewasnya 76 orang. Bencana ini diakibatkan hujan yang turun deras dan penggundulan hutan yang tak teratur.

Indonesia 2007 s/d 2008


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 2007 s/d 2008
Tahun 2007

Januari

1 Januari - Malam tahun baru terjadi musibah Adam Air Penerbangan 574 yang hingga kini masih menyisakan misteri. Seluruh penumpang dan awak pesawat tidak pernah diketemukan jenasahnya dan dianggap meninggal.

Indonesia 2009 s/d 2010


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah Indonesia Tahun 2009 s/d 2010
Tahun 2009


April

9 April - Pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pemenangnya adalah Partai Demokrat, Golkar dan PDIP.

Mei

4 Mei - Antasari Azhar, Ketua KPK dianggap sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Direksi PT. Putra Rajawali Banjaran, Nasruddin Zulkarnaen.

Presiden Tunisia Kabur

Keamanan Tunisia Berangsur Pulih


Presiden Tunisia Zine El Abidin Ben Ali
Jakarta - Meskipun situasi keamanan berangsur semakin membaik di Kota Tunisia, namun exodus warga asingmasih saja terjadi, hal ini bisa dilihatbanyaknya acalon penumpang yang memadati bandara utma di Ibu Kota Tunis, setelah dilanda kerusuhan beberapa hari lalu, bandara Tunisia kini dibuka kembali mulai dari Sabtu malam waktu setempat. Namun sejumlah penerbangan masih banyak yang dibatalakan, sehingga banyak  warga asing yang tertahan berjam-jam dibandara.

Sementara itu 5 tenaga kerja asal  Indonesia yang bekerja menjadi pelayan di Istana kepresidenan Tunisia, dipastikan dalam kondisi selamat. Menurut Duta Besar RI untuk Tunisia Muhamad Ibnu Said, ke 5 warga negara Indonesia tersebut kini dievakuasi ke kantor KBRI di Kota Tunis, nasib ke 5 orang itu sempat tidak menentu setelah Presiden Zine El Abidin Ben Ali dipaksa mundur dari jabatannya dan melarikan diri ke Arab Saudi.

Presiden SBY

Istana Undang Tokoh Lintas Agama


Presiden SBY
Jakarta - Presiden SBY, Senin hari ini (17/1/11) mengundang para tokoh lintas agama untuk berdialog, terkait perkara ketidakjujuran pemerintah dalam penanganan berbagai masalah bangsa. Pertemuan antara Presiden SBY dengan para tokoh agama, akan diadakan di istana negara Jakarta, setelah rapat terbatas soal penanganan kasus Gayus HP Tambunan.

Selain mengundang tokoh agama yang pernah mengaku resah karena pemerintah di nilai tidak jujur dalam penanganan berbagai masalah bangsa, Presiden SBY juga akan mengundang tokoh-tokoh agama lainnya yang secara resmi memimpin umat agama.

Sekjen Executive Konfrensi Wali Gereja Indonesia, Romo Benny Susetyo menegaskan, dia dan para tokoh lintas agama siap bertemu Presiden unutk membahas tuduhan kebohongan publik yang dilakukan pemerintah, namun menurut romo Benny dialog tersebut harus memiliki substansi yang jelas, agar bisa menyelesaikan barbagai masalah di negeri ini.

Saturday, 15 January 2011

Jam Malam di Tunisia


Keadaan Darurat Nasional
Presiden Tunisia 
Bubarkan Pemerintahan

Bendera Negara Tunisia
Mohamed Ghannouchi
Ditengah-tengah masih  berlangsungnya aksi protes masyarakat Tunisia, dalam beberapa jam terakhir pada politik Tunisia telah berubah, menyusul otoritas Tunisia memberlakukan keadaan darurat nasional dan jam malam serta melarang orang berkumpul lebih dari 3 orang. Dilaporkan pemimpin tertinggi Tunisia, Presiden Zine El Abidin Ben Ali telah pergi meninggalkan negerinya dan menyerahkan kekuasaannya pada Perdana Menteri Mohamed Ghannouchi untuk bertindak sebagai petugas pelaksana sementara Presiden Tunisia, sampai pemilu baru digelar. Perdana Menteri Ghannouchi mengumumkan Presiden Zine El Abidin Ben Ali telah membubarkan pemerintahan dan menyerukan pemilu lebih awal dalam waktu 6 bulan, disamping itu Ghannouchi menambahkan pemberhentian pemerintahan merupakan bagian dari langkah-langkah yang diputuskan  oleh Presiden dalam meredakan aksi kerusuhan di Tunisia. Sementara waktu saya mengambil alih kendali pemerintahan karena Presiden tidak berada di dalam negeri, dilaporkan bin Ali tidak dapat melaksanakan tugasnya dan saya menghormati serta memulihkan stabilitas”, ujar Perdana Menteri Ghannouchi.  

Sebelumnya televisi Tunisia memberitakan, jam malam telah diberlakukan diseluruh negeri mulai jam 5 pagi hari Jum’at (14/1/11) kemaren sampai hari Sabtu (15/1/11) pagi ini, dilaporkan juga pasukan keamanan telah diperintahkan unutk menggunakan kekuatan terhadap siapun yang tidak mematuhi perintah mereka mengingat telah diberlakukannya keadaan darurat nasional di Tunisia.

Wanita Mualaf Inggris

Kisah Mualaf Inggris
Perceraian Tak Membuatnya
Meninggalkan Islam

Pekan kemarin media massa internasional memberitakan bahwa jumlah mualaf di Inggris meningkat pesat, meski agama Islam di negeri itu, seperti umumnya di negara-negara Barat, digambarkan secara negatif dan masih menjadi target kecurigaan masyarakat. Sensus yang pernah dilakukan di seluruh wilayah Kerajaan Inggris menyebutkan bahwa pertambahan mualaf antara 14.000 sampai 25.000 orang. Tapi sebuah studi terbaru yang dilakukan lembaga think-tank lintas agama Faith Matters menyebutkan bahwa jumlah mualaf di Inggris lebih besar dari estimasi selama ini. Menurut lembaga itu, jumlah mualaf di Inggris mencapai 100.000 orang, dimana setiap tahunnya dipekirakan ada 5.000 warga Inggris yang menjadi orang Islam baru atau mualaf.

Hijrah 4


Pelajaran dari Hijrah ke 4 :
Hijrah adalah Jalan Meraih Rahmat, Ampunan
Serta Kebaikan Dunia dan Kesuksesan Akhirat

 Oleh : Fathuddin Ja'far
Untuk memahami kecil atau besarnya ganjaran yang dijanjikan Allah, dapat kita lihat dari besar atau kecilnya sebuah ajaran atau perintah-Nya. Jika suatu amal atau perintah Allah itu memerlukan pengorbanan yang besar, maka otomatis janji imbalan dan kompensasinya besar pula. Hijrah adalah amal dan sistem Allah yang sangat besar setelah Iman. 

Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya pengorbanan hijrah yang dilakukan Rasul saw. dan para sahabatnya. Sebab itu, hijrah mengajarkan kepada kita totalitas sebuah perjuangan dakwah dengan satu niat dan tujuan, yakni mencari ridha Allah semata. Untuk melakukannya memerlukan kesiapan mental terkait pengorbanan semua harta dan juga nyawa. Itulah yang dilakukan oleh Abu Bakar, Shuhaib Ar-Rumi dan sahabat Rasul yang lain. Tujuannyapun hanya fi sabilillah (di jalan Allah), bukan yang lainnya atau digabungkan dengan motif lainnya seperti yang dilakukan salah seorang sahabat di mana ia hijrah itu karena menyusul wanita yang akan dinikahinya. Rasul saw pun menegurnya seraya meluruskan pola kerja hijrah yang keliru itu sambil berkata, "Siapa yang berhijrah karena harta yang akan diraihnya atau wanita yang akan dinikahinya, maka nilai hijrahnya itu hanya sebatas apa yang ia niatkan." (HR. Bukhari)


Karena demikian besarnya pengorbanan dari sebuah hijrah, maka Allah menjanjikan kepada mereka yang melakukannya dengan imbalan yang sangat fantastik, yakni mencakup kebaikan dunia dan kesuksesan akhirat. Di antaranya ialah :
  1. Meraih rahmat dan kasih sayang dari Allah, seperti yang dijelaskan-Nya :
    “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al-Baqarah [2] : 218)
  2. Mendapatkan penghapusan dosa dan dijamin masuk syurga, seperti firman Allah :
    "….. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam syurga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik." (QS. Ali-Imran [3] : 195)
  3. Meraih  perlindungan Allah, seperti firman-Nya :
    “Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.An-Nahl [16] : 110)
  4. Meraih tempat tinggal yang lebih baik di dunia dan pahala yang amat besar di akhirat, seperti firman-Nya :
    “Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat (negeri) yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui”.(QS. An-Nahl [16] :41)
  5. Meraih surga dan tempat di syurga sesuai keinginan, seperti firman-Nya :
    “Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka di bunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rizki yang baik (syurga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rizki. Sesungguhnya Allah akan memasukkan mereka ke dalam suatu tempat (syurga) yang mereka menyukainya. Dan sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Penyantun.” (QS. Al-Haj [22] : 58–59)
  6. Jaminan memperoleh tempat yang luas dan rizki yang lapang di dunia serta syurga di akhirat kelak, seperti firman Allah :
    “Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS. An-Nisa [4] : 100)
Sungguh hijrah itu adalah salah satu rukun dari tiga rukun iqomatuddin (penegakan Islam) setelah Iman, syarat melakukan perubahan dan strategi memenangkan Islam dan meraih kebaikan di dunia dan kesuksesan akhirat, baik hijrah makaniyah maupun hijrah qiyam imaniyyah. Bahkan hijrah juga sebagai bukti kongkrit dari keimanan yang benar dan syarat memperoleh loyalitas serta perlindungan dari kaum Muslimin, seperti yang Allah firmankan :

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Anfal [8] : 72).

Semoga Allah anugerahkan kepada kita kekuatan mental untuk melakukan hijrah dalam kehidupan ini.

اللهم آمين

Hijrah 3


Pelajaran dari Hijrah ke 3 : 
Hijrah adalah Bukti Keunggulan Strategi Allah

Oleh : Fathuddin Ja'far

Dipilihnya Muhammad bin Abdullah sebagai Nabi dan Rasul terakhir mengandung arti strategis yang dalam. Demikian juga dengan ketetapan Allah atas Islam sebagai agama terakhir umat manusia yang diridhai-Nya sampai akhir zaman mengandung arti strategis yang luar biasa. Maka, strategi penyebaran dan penegakan Islam sebagai the way of life juga memerlukan strategi yang unggul sehingga dapat mengungguli semua upaya dan strategi manusia yang memusuhinya dan menginginkan agar Islam itu tidak tersebar, cahayanya redup dan tidak tegak di atas muka bumi.
Hijrah adalah salah satu strategi yang luar biasa dari Allah. Sebab itu, peristiwa hijrah mengajarkan kepada kita arti sebuah strategi dalam berdakwah. Sejak dari hijrah para sahabat Rasul ke Habasyah, hijrah Rasul ke Thaif dan terakhir ke Madinah, semuanya mengajarkan bahwa dalam berdakwah itu harus ada strategi. Namun startegi itu akan lemah jika mengandalkan kemampuan akal dan pemikiran manusia, siapaun dia. Strategi itu hanya akan kuat dan unggul jika datang dari Allah, karena strategi-Nya pasti mengungguli strategi semua manusia yang memusuhi Islam dan Rasul Saw. Siapapun mereka. Pemahaman seperti ini yang diajarkan Allah kepada Rasul-Nya sejak awal Beliau menerima amanah dakwah. (QS. Al-'A'raf [7] : 182–183, Al-Qalam [68] : Al-Jathiyah [45], Al-Muddaththir [74] : 11–17, Al-Muzzammil [73] : 11–14)


Sebab itu, hijrah yang dilakukan Rasul itu adalah sepenuhnya perintah dan strategi Allah. Hal itu terbukti saat Abu Bakar datang kepada Rasul untuk menyarankan Beliau segera berhijrah karena mayoritas sahabat sudah meninggalkan Makkah dan berhijrah ke Madinah. Saat itu Rasul Saw. berkata : Sabar wahai sahabatku, semoga Allah memilih engkau sebagai sahabatku dalam berhijrah. Tidak lama kemudian, Rasul mendapat isyarat dari Allah untuk melakukan hijrah ke Madinah pada waktu yang tepat (on the right time). Abu Bakarpun terpilih sebagai sahabat yang menemani Beliau hijrah ke Madinah.
Satu hal yang perlu kita catat, bahwa dalam menjalankan strategi Allah itu bukan berarti kita akan melewati hidup dan perjuangan dakwah ini di atas hamparan karpet merah, menerima pujian dan sambutan hangat manusia bagai super star sejagad. Namun, yang akan terjadi adalah sebaliknya dan berbagai hal yang memilukan dan bersabung nyawa.

Hal tersebut dapat kita lihat dengan nyata dalam peristiwa hijrah Rasul saw. khususnya saat beliau merancang hijrah ke Madinah. Berbagai peristiwapun terjadi. Sejak dari pengepungan rumah yang dilakukan oleh semua pemuda kabilah Arab yang ada di Makkah untuk melakukan pembunuhan terhadap Beliau, nyaris ditangkap saat bersembunyi di gua Tsaur, dan begitu juga dengan Da’sur yang nyaris berhasil mneghentikan perjalanan hijrah Beliau.

Mungkin di antara kita ada yang bertanya : Untuk apa semua peristiwa memilukan dan menakutkan dalam hijrah itu terjadi, kalau memang hijrah itu sebuah strategi dari Allah? Kenapa tidak Allah terbangkan saja Rasul Saw. itu ke Madinah seperti menerbangkan Beliau saat Isra dan Mi’raj? Bukankah Madinah itu jauh lebih dekat ketimbang Palestina? (Jarak Makkah ke Madinah hanya sekitar 350 km, sedangkan jarak Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsha sekitar 1300 km.) Atau, kenapa harus hijrah segala? Apakah Allah tidak mampu memenangkan Rasul dan agama-Nya di Makkah yang menjadi kampung dan negeri tempat kelahiran Beliau sendiri? Toh performance, image, track record, koneksi, network, persahabatan, citra positif dan sebagainya sudah terbangun dalam diri Muhammad Saw. dan sebagian sahabatnya di Makkah dengan sempurna? Untuk apa semua kesulitan dan pengorbanan itu harus ditempuh dan dialami Rasul dan para sababatnya?

Jawabannya ialah :
  1. Itulah strategi Allah dalam menjalankan dakwah Islam. Strategi Allah itu mengharuskan Rasulullah, para sahabat dan siapa saja umatnya yang menjalankan dakwah Islam untuk melewati jalan dakwah yang penuh onak dan duri.
  2. Keunggulan strategi Allah hanya akan dirasakan dan berpihak kepada para da’i yang istiqamah dalam menjalankan strategi Allah yang penuh keringat, air mata dan darah. Karena, Allah hanya mau menyertai dan mendampingi mereka dalam jalan dakwah yang mengikuti startegi-Nya itu seperti yang dirasakan Rasul Saw. saat berada dalam gua Tsaur ketika Abu Bakar ketakutan dan mencemaskan keselamatan diri Beliau dari tangkapan kaum Musyrik Makkah yang sudah sampai ke pintu gua tempat Beliau dan Abu Bakar bersembunyi untuk sementara waktu.
  3. Pertolongan Allah hanya akan turun kepada para da’i yang siap menjalankan dakwah Islam sesuai strategi yang dirancang-Nya yang penuh tantangan dan pengorbanan. Bukan kepada mereka yang tidak siap menanggung beban ujian dan cobaan serta mencari jalan damai dan negosiasi dengan pihak kebantilan. Allah berfirman :  

    إِلَّا تَنصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ  
    لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ  

    كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

    Jikalau kamu (kaum Mislimin di Madinah) tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah), sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, diwaktu dia (Rasulullah) berkata kepada sahabatnya (Abu Bakar): "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta / bersama kita." Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Dia menjadikan kalimat (agama) orang-orang kafir itu rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. At-Taubah [9] : 40).


    Sumber : eramuslim.com





Hijrah 2


Pelajaran dari Hijrah ke 2 : 
Hijrah adalah Syarat Melakukan Perubahan

Oleh : Fathuddin Ja'far



إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ 

 الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ


"Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat)," (QS. Ghafir [40] : 51)

Jika Iman adalah syarat kemenangan di dunia dan akhirat, maka Hijrah adalah syarat mutlak untuk melakukan perubahan. Dalam banyak ayat Al-Qur’an, kita menemukan Hijrah itu urutan kedua setelah Iman. Sedangkan Jihad urutan ketiga setelah Iman dan Hijrah. Tidak akan pernah ada perubahan jika tidak pernah melakukan hijrah. Maka, ketiga pilar tersebut tidak bisa dipisahkan dan bahkan tidak bisa diputarbalikkan urutannya.

Hijrah itu syarat mutlak perubahan, paling tidak ada dua bentuk perubahan yang dihasilkan hijrah :

1). Perubahan dari kondisi terjajah dan tertindas kepada kondisi kebebasan dan kemerdekaan serta dari kondisi sistem hidup jahiliyah yang penuh kezhaliman dan kerusakan kepada sistem Islam yang penuh berkah dan adil. Perubahan dari dzillah (kehinaan dan terhina) kepada kondisi izzah (kemuliaan) dan harga diri, Dalam kondisi dimana umat Islam tidak bisa lagi menjalankan aqidah dan nilai-nilai keislamannya dengan bebas dan baik, maka Hijrah Makaniyah (hijrah dari satu wilayah asal ke wilayah lain) adalah solusinya. Kalau tidak, mereka tidak akan pernah lepas dari cengkraman penguasa zhalim dan masyarakat jahiliyah. Inilah yang dilakukan Rasul Saw. saat menyuruh sahabatnya hijrah ke Habasyah (Ethiopia) dan kemudian Beliau juga mencoba hijrah ke Thaif dan kemudian sampai Allah tetapkan mereka hijrah terakhir ke Yatsrib atau Madinah.

Menariknya, bagi kaum Muslim yang tidak mau hijrah ke Madinah yang sudah menjadi wilayah yang aman bagi Rasul dan kaum Muslimin lainnya dan mereka tetap memilih tinggal di Makkah sampai ajal menjemput mereka, maka merekadianggap mati dalam keadaan menganiaya diri dan tidak akan meraih keselamatan akhirat, kendati dengan alasan sebagai kaum tertindas. Allah berfirman :


إِنَّ الَّذِينَ تَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ ظَالِمِي أَنفُسِهِمْ قَالُوا فِيمَ كُنتُمْ ۖ قَالُوا كُنَّا مُسْتَضْعَفِينَ فِي الْأَرْضِ ۚ قَالُوا أَلَمْ تَكُنْ

أَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةً فَتُهَاجِرُوا فِيهَا ۚ فَأُولَٰئِكَ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا


Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri (kepada mereka) malaikat bertanya, "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?" Mereka menjawab, "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Makkah)." Para malaikat berkata, "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah ke sana?" Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (QS. An-Nisa' [4] : 97)



2). Perubahan dari kondisi jauh dari Allah dan Rasul-Nya kepada dekat kepada Allah dan Rasul-Nya. Perubahan dari keimanan yang bercampur syirik dan khurafat kepada keimanan yang bersih dari syirik dan khurafat. Perubahan dari ibadah yang bercampur bid’ah kepada ibadah yang sesuai dengan sunnah. Perubahan dari kondisi jahil (mamahami) Islam (Al-Qur’an dan Sunnah Rasul Saw) kepada memahami dan mengamalkannya. Perubahan dari kondisi ma’shiyat kepada ketaatan. Perubahan dari kondisi memusuhi Islam kepada mencintai Islam. Perubahan dari permusuhan terhadap sesama Muslim kepada persaudaraan dan persatuan. Perubahan dari sistem hidup Jahiliyah kepada sistem Islam dan seterusnya… Hijrah seperti itu disebut dengan Hijrah Qiyam Imaniyah (Hijrah Nilai Keimanan).


Sesungguhnya umat Islam hari ini dituntut untuk melakukan hijrah nilai keimanan, karena dengan seperti itulah mereka akan mampu melakukan berbagai perubahan, baik dalam diri, keluarga, masyarakat maupun negara dan bahkan dalam skala dunia Islam global yang akan menggantikan tatanan dunia baru yang penuh kezhaliman dan penjajahan. Allahu a’lam…

Sumber : eramuslim.com

Hijrah 1


Hijrah adalah Satu dari Tiga Pilar 
Penegakan Islam 


oleh : Fathuddin Jaf'ar
Hari ini adalah hari terakhir tahun 1431 Hijriyah. Kalau Allah beri kita umur tambahan, insya Allah nanti sore setelah mata hari tenggelam kita akan memasuki awal tahun 1432 Hijriyah. Pelajaran apa yang kita dapatkan dari peristiwa Hijrah, khususnya Hijrah Rasul SAW dan para sahabat ke Madinah? Inilah pertanyaan yg selalu kita tanyakan pada diri kita saat melewati pergantian tahun Hijriyah, atau saat memasuki tahun baru Hijriyah. Hijrah adalah satu dari tiga pilar Islam, yakni Iman, Hijrah dan Jihad. Inilah tiga pilar Islam yang menyebabkan Islam bisa tegak dalam diri, dalam rumah tangga, dalam masyarakat dan bahkan dalam sebuah pemerintahan, atau negara.

Thursday, 13 January 2011

Piala AFC 2011


Penyisihan Grup A 
Qatar Taklukkan China

Bruno Metsu

Dari Ajang laga lanjutan Piala AFC, babak penyisihan Piala Asia 2011, malam tadi (12/01/11) yang berlangsung di Qatar, tuan rumah Qatar  yang ditangani oleh Bruno Metsi, mampu memperoleh nilai penuh setelah menaklukkan China dengan skor 2 – 0. Terlihat pada babak pertama Qatar mendominasi permainan dengan tampil menyerang, hal ini akhirnya membuahkan hasil pada menit ke 26’ tendangan melengkung Yusuf Ahmed mampu menjebol gawang China dan disusul pada menit ke 45’ lagi-lagi lewat kaki Yusuf Ahmed, tendangannya yang menyusur tanah, tidak mampu diantisipasi penjaga gawang China, skor sementara 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Qatar pada babak pertama.

The Best 10 Kamera Saku

Kamera Digital Saku Terbaik

Kamera saku digital memang sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dan mungkin itulah yang menyebabkan segmen pasarnya terbilang cukup besar dibanding jenis kamera digital lainnya. Selain mudah untuk dibawa, kamera saku digital juga menawarkan kualitas hasil foto yang lumayan bagus, sudah barang tentu harganya juga jauh lebih murah dibanding  dengan kamera digital SLR.

Cara Pilih Kamera Digital

Memilih & Membeli Kamera Digital

Oleh : Nikon


Nikon D5000
Membeli suatu barang tentunya menjadi keinginan banyak orang, seperti halnya membeli kamera digital karena tren, fungsi dan kebutuhan hampir setiap orang ingin  membeli dan memilikinya. Karena sudah banyak sekali tipe, jenis dan merk kamera digital dimana-mana apabila anda ingin membeli kamera digital ada beberapa tips -tips yang dapat anda gunakan.

1.Belilah produk bermutu.
Sebaiknya anda membeli produk kamera digital yang bermutu atau berkualitas, baik fitur, desain ataupun hasil foto kamera digital itu sendiri, banyak sekali kamera digital yang harganya sangat murah tetapi sebaiknya anda berfikir dua kali apabila ingin membelinya karena apabila produk tersebut tidak seperti yang anda harapkan terutama hasil foto dari kamera digital tersebut nantinya akan sangat mengecewakan anda.

2. Sesuai budget
Belilah kamera digital sesuai dengan budget yang anda miliki, ini merupakan salah satu tips yang manjur agar anda tidak dipusingkan atau dibuat bingung oleh beragam tipe, jenis dan merk kamera digital yang ditawarkan.

3. Mencoba kamera digital
Usahakan agar Anda dapat mencoba kamera digital yang hendak anda beli, kunjungi konter kamera digital dan anda dapat menggunakan unit DEMO, cobalah fitur, fasilitas dan jangan lupa untuk melihat kualitas hasil foto  kamera digital tersebut.

4. Belilah kamera digital bergaransi resmi
Sebaiknya anda membeli kamera digital yang bergaransi resmi, sekarang banyak sekali produk kamera digital yang tidak bergaransi resmi atau parahnya lagi banyak juga yang tidak disertai garansi, akibatnya apabila kamera tersebut mengalami kerusakan customer tidak dapat meng-klaim per- baikan dan penggantian suku cadang secara gratis di tahun pertama dan kedua berlakunya masa garansi.
Trik memilih kamera digital
Telah banyak sekali kamera digital yang beredar di pasar, berbagai merk, tipe dan jenis, dari beragamnya pilihan  kamera digital tersebut biasanya akan membuat konsumen bingung dalam memilih produk apa dan bagaimana yang akan ia gunakan. Sebaiknya anda merencanakan pilihan terlebih dahulu apabila ingin membeli kamera digital dengan mengkategorikan pilihan sebagai berikut.

1. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan anda
Pilihlah kamera digital yang sesuai dengan kebutuhan anda, apakah akan digunakan untuk keperluan keluarga, hobi, studi atau profesi. NIKON sebagai salah satu merk terkemuka kamera digital menciptakan beberapa tipe antara lain ; 

- Tipe kamera saku digital yang diminati oleh keluarga, pehobi maupun pelajar tipe kamera ini simpel, praktis, ringan, kompak tetapi tetap memiliki fitur yang menyenangkan dan kualitas gambar yang sangat baik.

- Bagi para fotografer pemula, amatir dan profesional dapat menggunakan tipe kamera Digital SLR, kehandalan dan kemampuan kamera ini tidak diragukan lagi untuk foto produk, olahraga, model, dokumentasi, liputan dll.

2. Ketahui spesifikasi, fitur dan disain
Sebaiknya anda mengetahui spesifikasi kamera digital yang akan anda beli, spesifikasi ini bisa anda dapatkan dari iklan media cetak, brosur atau customer service staff, bertanyalah mengenai fitur kamera dan juga mengenai desain kamera digital itu sendiri, karena kesemua informasi tersebut akan bermanfaat untuk memilih tipe dan jenis kamera digital yang anda butuhkan.

3. Tentukan pilihan merk kamera digital
Sebaiknya anda memilih merk produk yang dapat memberikan ” support ” terhadap konsumen seperti antra lain; training penggunaan kamera digital apabila konsumen belum dapat menggunakan kamera tersebut,  update software, upgrade fimware dan mengatasi trouble shooting dsb.

Jalan Kaki

Rajin Jalan Kaki

Kurangi Risiko Diabetes

 

Jakarta - Jalan kaki sungguh memberikan khasiat yang beragam. Mulai dari kebugaran, meningkatkan stamina, mencegah osteoporosis. Jalan kaki juga ternyata juga bisa mencegah diabetes.

Seperti dilansir dari diabetesvic.org.au, sebuah studi di Australia mengindikasikan bahwa partisipan yang berjalan kaki antara 85 menit-3 jam per minggu, bisa mengurangi risiko terkena diabetes hingga 31%. Intensitas berjalan yang rutin (5 hari per minggu) setidaknya selama 3 jam per minggu bisa mengurangi risiko terkena diabetes pada remaja 31-42%.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wanita yang aktif melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki bisa mengurangi risiko terkena diabetes dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali.

Berjalan kaki juga dihubungkan dengan penurunan berat badan yang bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Remaja yang dikategorikan overweight atau tidak aktif melakukan aktivitas fisik memiliki 3 kali kemungkinan lebih besar terkena diabetes dibandingkan remaja yang memiliki berat badan normal.

Dengan berjalan kaki selama 30 menit dapat meningkatkan kontrol glukosa, yang bisa membantu otot menyerap gula darah dan ini mencegah penyumbatan aliran darah. Efek ini bisa bertahan selama berjam-jam ataupun beberapa hari, tapi tidak permanen sehingga diperlukan jalan kaki yang teratur untuk mengontrol gula darah.

Sumber : wolipop.com

Truck Terjun Bebas

Truck Sarat Muatan Terjun Bebas
Ke Kali Cideng


Jakarta - Sebuah truck Mitsubishi 90 PS dengan No Pol D 8295 YH, bermuatan ribuan alat tekstil terjebur ke Kali Cideng dalam posisi miring, kecelakaan ini terjadi Kamis pagi (13/01/11) sekitar pukul 05.30 Wib, badan truch sebelah kanan berada di dasar Kali Cideng, kecelakaan ini terjadi, berawal dari  truck yang datang dari arah Jati Baru, Cideng Barat, dengan tujuan  Pasar Tanah Abang, mengambil jalan arah putar balik menuju Cideng Timur, diduga untuk menghindari tabrakan dengan motor yang berjaju  di Cideng Timur, sang supirpun banting stir ke kanan, ternyata rem truck mendadak blong, supirpun tak mampu lagi mengendalikan laju trucknya, sehingga akhirnya nyemplung ke Kali Cideng.

Dalam kecelakaan ini tidak sampai menimbulkan korban jika, sang supir hanya mengalami luka lecet, sedangkan kernek yang berada disampingnya, harus dilarikan ke klinik terdekat karena mengalami luka gores di daerah kening.

Truck di Kali Cideng
Sampai  pukul 15.00 Wib, badan truch masih berada di dasar Kali Cideng, terlihat beberapa orang tengah sibuk memindahkan muatan truch  dari dalam kali.

Akibat dari kecelakaan tersebut, arus lalu lintas dari arah Tanah Abang menuju Roxy mengalami kemacetan panjang, demikian juga arus sebaliknya, dikarenakan banyak para pengemudi roda 4 maupun pengendara roda 2 menyaksikan kejadian  tersebut.

Meskipun alat berat telah tersedia dilokasi kejadian, namun truck masih berada di dalam kali, rencananya pihak Polantas Metro Jaya, akan mengevakuasi truck tersebut pada malam hari nanti, menunggu arus lalin disekitar Cideng sepi. (JI/AC)