Thursday, 8 December 2011

Langsing Dengan Teh


5 Teh Yang Bikin Langsing


Teh memang sudah diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Secangkir teh bisa mencegah risiko stroke, radang sendi, kerusakan gigi dan mencegah kanker. Teh yang terbuat dari bahan-bahan alami juga memiliki keuntungan lainnya, yaitu membantu menurunkan berat badan.
 
Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa teh mengandung level senyawa yang tinggi yang menyerap lemak. Berikut ini 5 teh yang bisa Anda konsumsi untuk dapatkan tubuh lebih ramping.

Teh Bunga Lawang: Membantu Pencernaan
 
Bunga lawang memang sering dimanfaatkan untuk minumnan tradisional seperti jamu dan campuran minuman teh. Bunga lawang yang berasal dari pohon cemara kecil (Illicium verum), merupakan tanaman asli China. Bunga ini bisa digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan, seperti sakit perut, diare, mual dan sebaginya.

Cukup seduh secangkir teh dengan air panas dan biarkan selama 10 menit. Saring dan tambahkan gula jika perlu. Minum teh sedikit demi sedikit ketika merasakan gejala sakit perut.

Teh Peppermint: Membakar Kalori

 
Teh peppermint merupakan teh yang terbuat dari daun peppermint. Teh yang mirip rasa mentol ini membantu menambah kecepatan proses pencernaan dan membakar lebih banyak kalori.

Untuk membuat teh peppermint, ambil satu sendok makan daun peppermint segar atau kering campurkan dengan teh hijau dan tambahkan air mendidih dan biarkan selama 4-5 menit. Saring dan tambahkan madu jika perlu.

Teh Hijau: Membangun Metabolisme
 
Para peneliti mengatakan bahwa senyawa EGCG yang ditemukan dalam teh hijau bertanggung jawab membantu kecepatan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Teh hijau juga memiliki level antioksidan yang tinggi yang dipercaya meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak, dimana dapat membakar 70 kalori per hari!

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, rendamlah daun teh hijau di cangkir dengan air panas 85 derajat Celcius selama 2-3 menit.

Teh Bunga Mawar: Mencegah Sembelit
 
Salah satu jenis teh tertua adalah teh dengan campuran kelopak dan kuncup bunga mawar segar yang memberikan efek terapi pada tubuh manusia. Selain membersihkan racun dan mempercantik kulit, teh ini mengandung vitamin A, B3, C, D dan E yang bertindak melawan infeksi.

Teh bunga mawar juga mampu mencegah sembelit dan membantu untuk menurunkan berat badan. Waktu menyeduh teh mawar, isi dulu cangkir dengan air panas. Setelah itu baru disajikan dengan memasukkan teh mawarnya, biarkan beberapa saat hingga aroma harum keluar, baru siap diminum. Anda boleh tambahkan madu sebagai penambah rasa manis.

Teh Oolong: Melawan Obesitas
 
Teh oolong berasal dari satu spesies tumbuhan teh Camellia Sinensis. Penelitian menunjukkan teh oolong yang merupakan teh semi fermentasi memiliki efek lebih kuat dari teh hijau. Teh ini mendorong pembakaran lemak untuk mengurangi kolesterol dan konsentrasi lemak dalam tubuh. Dua cangkir teh oolong setiap hari sangat dianjurkan.

Rendam teh oolong dengan air panas di cangkir selama 30 detik sampai 5 menit dan baru diminum untuk mendapatkan manfaatnya. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.