Saturday, 31 December 2011

Sate Kuda: Naik Vitalitas


Sate Kuda Cak Mat
Dijamin Tingkatkan Vitalitas

Rois Jajeli – detikSurabaya
Surabaya - Banyak orang mau makan tapi takut terkena penyakit. Tapi makanan satu ini justru dijamin menyembuhkan penyakit. Salah satunya sesak nafas, asma, flek paru bahkan dapat meningkatkan vitalitas. Dialah 'Sate Kuda Cak Mat'.

Anda yang mau coba Sate Kuda Cak Mat ini jangan takut terkena kolesterol. Karena sate buatan ibu Novi Bambang Udi ini ternyata rendah kolesterol.


"Daging kuda kan dikenal rendah kolesterol. Jadi kita memasaknya juga tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung kolesterol," ujar Ibu Novi Pemilik Depot Raja yang menyuguhkan makanan Sate Kuda Cak Mat kepada
detiksurabaya.com, saat ditemui di acara Wisata Kuliner di Balai Pemuda Surabaya, Jumat (21/11/2008).

Novi mengatakan sate kuda buatannya dapat berkhasiat membantu menyembuhkan penyakit seperti sesak nafas, asma, felk paru dan meningkatkan vitalitas.


"Suami saya mengkonsultasikan ke temannya seorang dokter. Daging kuda memang dapat membantu menyembuhkan penyakit itu," tuturnya.


Masakan Sate Kuda Cak Mat itu berbeda dengan sate sapi. Biasanya, bumbu sate menggunakan bahan kacang. Namun, sate Kuda Cak Mat buatan ibu Novi ini tidak menggunakan bahan kacang. Karena kacang mengandung kolesterol.


Bumbu yang digunakan sate kuda itu hanya kecap dan dicampur rempah-rempah untuk menambah cita rasa sate kuda.


Daging kuda yang digunakan sebagai bahan baku sate kuda adalah kualitasnya benar-benar pilihan. Ia tidak sembarangan memilih daging kuda. Daging kuda itu dipasok dari distributor di Bojonegoro dan Malang.


Cara memasak sate kuda ini hampir sama dengan sate daging sapi atau masakan sate pada umumnya. Daging kuda yang siap dibakar terlebih dahulu diolesi dengan bumbu racikannya hingga merata dan meresap.


Setelah dibakar hingga matang, sate diletakan diatas piring dan diberikan lalapan ketimun, tomat, gubir yang sudah diiris. Selain itu ditambah dengan jeruk nipis dan irisan cabe rawit serta bawang merah.


Bagi yang suka pedas, cabe dan bawang bisa diaduk dengan bumbu sate kecap. Dan siap dihidangkan. Daging sate kuda ini saat dikunyah terasa dengan irisan kecil-kecil itu terasa kenyal namun asyik dimakan dengan nasi.


Mau coba Sate Kuda Cak Mat ini, anda bisa datang ke Depot Raja di Jalan Dukuh Kupang Timur VIII No 20 Surabaya yang buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 23.00 WIB. Tiap porsi terdapat 10 tusuk sate dengan harga Rp 16.000 dan satu porsi nasi seharga Rp 2.000.
(roi/fat)

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.