Wednesday, 23 November 2011

Putihkan Gigi

Pantangan dan Anjuran
Usai Memutihkan Gigi

Putro Agus Harnowo - detikHealth


Jakarta, Memutihkan gigi akan menjadi sisa-sia jika tidak memperhatikan dan makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan bisa menjaga gigi tetap putih tapi beberapa makanan lain justru mempercepat pemudaran warna gigi yang telah putih.

Salah satu cara yang paling utama adalah dengan memperhatikan makanan yang dimakan. Memakan makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya dapat membantu menjaga gigi tetap putih setelah menggunakan pemutih.

"Bagi banyak orang yang telah mendapat hasil memuaskan setelah menggunakan produk pemutih gigi atau mengunjungi dokter gigi, yang menjadi perhatian cukup signifikan adalah bagaimana menjaga gigi tetap putih setelah pemutihan," kata Dr Raymond Garrison, profesor dan ketua Wake Forest Baptist Departemen Kedokteran Gigi seperti dilansir Healthday.com, Rabu (23/11/2011).

Dr Garrison menjelaskan ada makanan yang benar-benar membantu untuk menjaga gigi tetap putih, bahkan dapat membantu menghindari waktu dan biaya yang diperlukan untuk memutihkan gigi.

Makanan yang dianjurkan usai melakukan pemutihan gigi adalah:

1. Produk buah-buahan dan sayuran seperti apel, buncis, kembang kol, wortel dan seledri membantu menggosok gigi saat dikunyah. Makanan seperti ini juga membantu meningkatkan aliran air liur yang menetralisir asam dan melindungi gigi.
2. Produk susu yang kaya kalsium dan keju juga membantu menjaga gigi tetap putih. Asam laktat dalam produk ini membantu mencegah kerusakan. Keju yang keras juga membantu menghilangkan partikel makanan yang tersisa di gigi.

Makanan yang harus dipantang atau dibatasi usai melakukan pemutihan gigi adalah:
1. Tembakau
2. Kecap
3. Minuman ringan, kopi, teh
4. Anggur merah dan putih
5. Blueberry.

Makanan ini harus dibatasi sangat mudah meninggalkan berwarna pada gigi yang telah diputihkan.

Pemutihan gigi sampai saat ini merupakan metode yang efektif untuk memutihkan gigi, namun dapat menyebabkan efek jangka pendek seperti gigi sensitif. Perawatan pemutihan yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi seperti erosi enamel.

"Sebelum melakukan pemutihan gigi atau menggunakan whitening kit, berkonsultasilah dulu ke dokter gigi," ucap Dr Garrison.(ir/ir).

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.