Friday, 21 October 2011

Khadafy Pejuang Besar


Chavez: Khadafy Seorang Martir!


Presiden Venezuela Hugo Chavez
LA GRITA, KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez menyampaikan kemarahan atas tewasnya Moammar Khadafy. Ia menyebut peristiwa itu "kejam sekali" dan mengatakan mantan pemimpin Libya itu merupakan seorang martir.

"Kami akan mengingat Khadafy sepanjang hidup kami sebagai pejuang besar, seorang revolusioner dan seorang martir". 

-- Hugo Chavez

"Amat sayang, kematian Khadafy telah dikonfirmasikan," kata Chavez, yang baru saja pulang ke Venezuela dari perawatan kanker di Kuba, Kamis (20/10/2011).

"Mereka telah membunuhnya. Itu kekejaman lain," kata pemimpin Venezuela itu kepada wartawan di kota La Grita.
"Kami akan mengingat Khadafy sepanjang hidup kami sebagai pejuang besar, seorang revolusioner, dan seorang martir," katanya.

Chavez sendiri telah membela Khadafy sejak awal pemberontakan terhadap rezim pemimpin Libya itu pada Februari lalu, dan menuduh NATO telah menggunakan konflik tersebut untuk memperoleh penguasaan atas minyak Libya.

"Hal yang sangat menyedihkan adalah bahwa dalam pencariannya untuk mendominasi dunia, kekaisaran dan sekutu-sekutunya telah membakarnya (Libya)," kata Chavez, merujuk ke Amerika Serikat dengan nama panggilan yang disukainya.

Chavez menolak mengakui rezim baru Libya. Ia juga memperolok wakil baru Libya di PBB sebagai "boneka" dan "manekin".

Pada 2004, Chavez telah diberikan Penghargaan Internasional Khadafy untuk Hak Asasi oleh pemimpin Libya yang digulingkan itu. Fidel Castro dari Kuba dan Daniel Ortega dari Nikaragua juga menerima penghargaan tersebut. 

Sumber : AFP

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.