Saturday, 30 July 2011

Ramadhan Terpanas

Tahun Ini, 
Hari Ramadhan Terpanjang
dan Terpanas di Arab



Jazirah Arab pada bulan Ramadhan mendatang mungkin akan menjadi sesuatu yang luar biasa di sana. Menurut seorang ahli kalender di Dubai, Muslim yang berpuasa selama Ramadhan tahun ini akan mengalami hari terpanjang bulan puasa dalam 26 tahun terakhir.

"Hari pertama Ramadhan akan menjadi hari terpanjang bagi Muslim karena harus berpuasa selama 14 jam dan 50 menit," kata Ashraf Nourul Haq Ashraf, kepala Departemen Urusan Islam di Kalender dan Kegiatan Amal di Dubai.

Ashraf mengatakan Muslim akan berpuasa dengan durasi terpanjang selama Ramadan ini, dalam 26 tahun terakhir.

Dia mengatakan kepada Gulf News bahwa hari pertama Ramadhan ini mungkin akan jatuh pada tanggal 1 Agustus dan Subuh dimulai pada di 4:26, sementara Maghrib baru menjelang pada pukul 07:06.

Hingga durasi minimum berpuasa selama bulan Ramadan ini akan berlangsung selama 14 jam. Selama beberapa hari pertama, puasa akan berlangsung sekitar 14 jam 50 menit, sedangkan beberapa hari terakhir bulan Ramadhan durasi berkurang menjadi sekitar 14 jam.10 hari pertama bulan Ramadhan akan durasi puasa turun secara bertahap dari 14 jam 50 menit sampai 14 jam 28 menit.

Ashraf menganjurkan semua orang yang berpuasa selama bulan Ramadhan untuk menghindari sinar matahari langsung dan mengambil tindakan pencegahan.

Ramadhan ini juga akan menjadi salah satu bulan terpanas musim panas ini. Menurut kantor cuaca, suhu sepanjang bulan ini di arab akan berkisar antara 40 dan 45 derajat Celcius. (sa/gulfnews)

Sumber : eramuslim.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.