Tuesday, 7 June 2011

Padang Sidempuan


Asal Nama Kota 
Padang Sidempuan


Sidimpuan City Walk
Kota Padang Sidempuan adalah sebuah kota di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini menjadi bagian dari Kabupaten Tapanuli Selatan, sebagai pusat pemerintahan yang berstatus Kota Administratif di bawah tanggung jawab Bupati Tapanuli Selatan. Sejak tanggal 21 Juni 2001 kota ini berdiri sendiri (otonom).

Padang Sidempuan terkenal dengan sebutan "Kota Salak" karena banyaknya kebun salak di sana. Kebun salak sangat mudah ditemui di kaki Gunung Lubuk Raya.

Asal usul nama

Nama kota ini berasal dari “padang na dimpu” yang berarti “hamparan rumput yang luas”. pada zaman dahulu daerah ini merupakan tempat persinggahan para pedagang dari berbagai daerah, pedangan ikan dan garam dari SibolgaPadang SidempuanPanyabungan, Padang Bolak  – Padang SidempuanSibolga. Seiring perkembangan zaman, tempat persinggahan ini semakin ramai dan kemudian menjadi kota. Kota ini dibangun pertama kali sebagai Benteng pada 1821 oleh pasukan Paderi. Benteng ini membentang dari Batang Ayumi sampai Aek Sibontar. Sisa- sisa benteng saat ini masih ditemukan, tetapi sudah tidak terawat dengan baik.



Pekerjaan Utama Masyarakat

Penghasilan masyarakat Padang Sidempuan sebagian besar bertani, meliputi persawahan dan perkebunan. Produksi perkebunan yang utama adalah salak, karet, kopi, kakao, cengkeh, kemiri dan kulit manis. tetapi seiring perkembangan Kota Padang Sidempuan, luas areal untuk lahan pertanian semakin berkurang. Areal pertanian telah berubah fungsi menjadi perumahan, ke depan perlu dibuat kebijakan oleh Pemerintah Daerah Kota, agar menata areal di daerahnya untuk menjaga harmonisasi tata ruang daerah, sehingga  dikemudian hari areal pertanian tidak habis total.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.