Monday, 13 June 2011

Tab Motorola Xoom


Tablet Tangkas Tunjang Mobilitas


Jakarta - Tahun ini masih milik computer tablet, kemunculannya di awal tahun 2010 berhasil mengubah pandangan, bahwa laptop adalah pasangan abadi smartphone. Sesuai perkiraan, era tablet terus berlanjut tahun ini. Geliat pasarnya kian menggairahkan. Situasi ini mendesak raksasa produsen seperti Apple, Research In Motion (RIM) sampai Motorola menyiapkan amunisi untuk “bertempur”. Setelah Apple dengan iPad, RIM dengan BlackBerry PlayBook, kini Motorola unjuk gigi dengan tablet perdananya Motorola Xoom. Meski segmen yang disasar sama, yakni pebisnis dan professional, gaya Xoom benar-benar berbeda dua rivalnya. Seperti apa desain, fitur dan kinerjanya?

Desain

Saat menatap Xoom pertama kali, satu kata yang terbersit adalah lebar. Ya, layarnya sebesar 10’1 inci cukup lebar, lebih besar ketimbang PlayBook dan Galaxy Tab yang hanya 7 inci. Di atas layar terdapat sebuah kamera berkemampuan 2 MP, untuk menunjang aktifitas video chat atau sekedar self portrait. Bodinya dibalut warna abu-abu tua yang dipadu dengan warna hitam. Material yang dipilihpun lumayan. Bagian belakang dibuat agak kesat menyerupai karet, sehingga mantap digenggaman.

Motorola Xoom

Di sisi belakang terdaapat dua speaker stereo, sejajar dengan tombol Power/lock, kamerea 5 MP dan lampu flash, Sementara di sisi kanan polos, di sisi kiri terdapat tombol pengatur volum +/-. Slot microSD dan ruang SIM Card bisa ditemui di sisi atas, persis disamping audio jack 3,5 mm. Sedangkan di sisi bawah terdapat port microUSB dan port untuk isi ulang baterai. Yang membuat Xoom berbeda adalah letak tombol Lockyang berada di sisi belakang. Sehingga mudah untuk ditekan dengan jari telunjuk kiri. Keputusan yang jenius Motorola!

Fitur

Dengan OS Androitversi 3.0 (Honeycomb) ini, pengguna bebasa melakukan kustomisasi, seperti memindahkan icon pada menu utama, mengubah ukuran icon, menciptakan theme sendiriuntuk halaman utama dan sebagainya. Sayang aplikasi-aplikasi seperti Facebook, Twitter, pemutar music masih kurang optimal. Banyak ruang kosong yang membuatnya terlihat kurang menarik. Aplikasi Facebook kerap tertutup sendiri tanpa sebab.

Fitur kamera dan perekan video boleh diancungkan jempol, gambar yang dihasilkan relative tajam. Sementara audio, Xoom dipersenjatai dua speaker yang terletak di sisi belakang. Saat uji, output yang dihasilkan bulat dan mantap. Bisa jadi ini karena dukungan prosesor multimedia NVIDIA Tegra II. Kehadiran Androit Market melengkapi kelebihan Xoom sebagai tablet tangkas ala Motorola. [HP]      

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.