Monday, 13 June 2011

BlackBerry PlayBook


Tablet Kelas 
Profesional Cerdas

Elegan, kokoh dan ringkas. Ini dia Tablet BlackBerry pertama. Selamat datang PlayBook.

BlackBerry PlayBook
Jakarta - Tahun 2010, era computer tablet dimulai. Ketik itu ditandai dengan meluncurnya Apple iPad generasi pertama. Setahun kemudian kompetisi tablet PC semakin sengit. Satu demi satu produk bermunculan dengan gaya dan kelebihan masing-masing. Dimulai dari Samsung Galaxy Tab, Motorola Xoom, sampai tablet-tablet China berbasis Androit. Research In Motion (RIM) tidak mau ketinggalan. Produsen BlackBerry asal Canada itupun merilis BlackBerry PlayBook, sekitar bulan April silam. Mau tahu performanya? Berikut ulasannya.

Desain

Wujud sederhana. Tidak warna-warni, tidak ramai. Hitam bersahaja. Tapi justrumenjadi daya tarik BlakBerry PlayBook. Warna hitam menimbulkan kesan elegan secara lugas. Ukurannya kurang lebih sama dengan Samsung Galaxy Tab, yakni 7 inci. Hampir seluruh bodinya dibalut bahan plastic, seperti karet berwarna hitam dove. Di sisi atas, terdapat tombol power on/of, pengatur volume dan play/pause. Sementara di sisi bawah, ada port micro USB untuk menancapkan charger dan kabel data, sisi kanan dan kiri polos saja. Di bagian depan dan belakangPlayBook terdapat kamera, masing-masing 5 MP dan 3 MP.


Fitur

Tampilan atarmuka (user interface) playbook cukup menarik. Sedikit berbeda juka disejajarkan dengan iPad dan Galaxy Tab. Di tiap-tiap sudut serta sisi atas dan bawah layar memiliki fungsi sendiri. Ada yang berfungsi untuk kembali ke halaman utama, dashboard, dan unutk memunculkan keyboard qwerty pada layar sentuh. Terdapat \kamera 5 MP yang melekat di sisi belakang dan 3 MP di bagian depan. Kamera itudilengkapi fitur digital zoom, geotag, stabilization dan auto focus. Selain itu, terdapat pulu aplikasi perkantoran seperti Word To Go, Slideshow To Go, jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

Ada satu hal yang membuat PlayBook lebih diperhitungan ketimbang Apple iPad, yaitu kehadiran Flash pada laman Web. Selebihnya, tidak ada yang terlalu special. Speaker Stereo yang terletak di pinggir layr kiridan kanan juga layak diancungkan jempol. Suara tidak pecah meski volume diatur maksimal. App World sebagai kios aplikasi, di mana anda bisa mengunduh berbagai aplikasi yang di bagi per kategori, mulai dari bisnis, edukasi, games, IM & social networking, productivity, shoping dan sebagainya. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Silahkan pilih sesuai kebutuhan. Performa aplikasi YouTube yang terdapat  di dalam, tidak sebaik saat anda mengakses YouTube via browser. Saat uji, sering buffering. Selain itu terdapat aplikasi map bertajuk Bing Maps, namun fiturnya masih belum lengkap, selenhkap Google Maps. [HP]   

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.