Friday, 27 May 2011

Manfaat Pepaya


Manfaat Buah Pepaya 
Buat Wanita


Sebahagian besar orang pasti mengenal buah pepaya, dalam bahasa latin disebut juga (Carica Papaya), tapi tidak semua orang mengerti akan manfaat buah dan daun papaya, pada hal di daerah kita ini sangat banyak terdapat buah papaya. Adapun buah ini sangat banyak manfaatnya, khususnya bagi kaum wanita, buah pepaya ini dapat digunakan sebagai herbal untuk kesehatan, diantaranya adalah sbb :

Daun pepaya terutama dapat digunakan untuk kesehatan wanita antara lain untuk mengobati keputihan, demam akibat nifas, melancarkan haid dan melancarkan air susu ibu (ASI). 

Daun Pepaya dapat dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit, adapun caranya adalah sbb : 

Jerawat
Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.


Malaria & Demam
Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

Menambah Nafsu Makan
Sehelai daun pepaya segar dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.

Malnutrisi
Satu lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

Flu
Cuci tiga helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak, dan empat kali sehari untuk dewasa.

Keputihan
Ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutnya daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.

Mencegah Demam Nifas
Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2, kemudian  minum sekaligus segera setelah melahirkan selama dua hari berturut-turut.

Melancarkan Haid
Dua helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras dan  beri garam, lalu minum air perasan satu kali sehari.

Melancarkan ASI
Cucilah beberapa helai daun pepaya, lalu layukan di atas api, setelah itu, masih dalam keadaan  hangat-hangat kuku letakkanlah di sekeliling payudara, tunggu beberapa saat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.