Wednesday, 6 April 2011

Saksi Peradaban

Tragis & Mengenaskan 
Tapi Fakta Dalam Kenyataan 


Jakarta - Photo's di bawah menunjukkan, bagaimana manusia membantai manusia lainnya, sementara hewan adakalanya lebih mulia dari manusia itu sendiri. Inilah bukti peradaban manusia.


1. Gambar terkenal lainnya, diambil pada tahun 1930. Dua pemuda kulit hitam yang dituduh memperkosa putih dan membunuh pacarnya, diambil secara paksa oleh gerombolan kulit putih yang marah, mereka lalu di gantung. Little Rock’s Central High adalah saksi dalam peristiwa ini. 

2. Untuk pertama kalinya pada 1933, seorang wanita kulit hitam mengikuti sekolah SMU, yang selama ini hanya menerima wanita kulit putih. Hari pertamanya sekolah diwarnai intimidasi dan ejekan, dia hanya bertahan sekolah hanya 4 hari.

3. Kamp konsentrasi di Buchenwald Jerman (1939), tentara sekutu yang membebaskan tempat ini, menemukan neraka di bumi karena pembantaian manusia yang di lakukan oleh Nazi.

4. Pekerja konstruksi Di New York, makan siang bersama diketinggian GE Building at Rockeffeler Center (1941).


5. Bom Atom yang dijatuhkan Allied Force di Nagasaki Jepang, untuk mengakhiri Perang Dunia II pada tahun 1945.
6. “Earthrise” yang di ambil ketika manusia mendaratkan kakinya unutk pertama kali di bulan pada tahun 1969.

7. Tragedi terkenal lainnya dari Perang Vietnam, “The Napalm Girl”. Phan Thi Kim Phuc (lahir 1963) pada umurnya yang ke 9 tahun, terkena seranga Bom Napalm dari pasukan Amerika pada sekitar tahun 1970-an, dia lari telanjang sambil menangis, ia dan kakaknya ( anak laki-laki yang berlari sambil menangis paling depan) masih hidup sampai saat ini.

8. Nguyen Ngoc Loan Kepala Polisi Vietnam Selatan, mengeksekusi mati seorang pemuda yang diduga sebagai Vietkong tahun 1973. 

9. Thich Quang Duc, seorang Pendeta Budha dari Vietnam pada tahun 1977 membakar dirinya sendiri hingga tewas dalam rangka protes kepada Pemerintah. Semua yang hadir dan menyaksikan atraksi ini terheran-heran, karena sang Pendeta selama aksi membakar dirinya tidak tampak kesakitan dan meronta-ronta, dia tetap duduk diam dalam posisi bersila hingga menjadi abu. 


10. Omayra Sanchez (1985), seorang pekerja Palang Merah berjuang keras menyelamatkan gadis yang terjebak ini, akhirnya mereka gagal dan setelah 60 jam, Omayrapun tewas.

11. “The Tank Man” gambar seorang mahasiswi yang berdiri di depan barisan tank Pemerintah RRC, yang akan menumpas demonstrasi di lapangan Tiananmen. Wanita itu akhirnya tewas dilindas tank yang berada didepannya, tragedi Tiananmen tahun 1989.

12. Sudan tahun 1993, gambar yang sangat mengenaskan ini, memenangkan hadiah Pulitzer. Seekor burung pemakan bangkai menunggu dengan sabar seorang anak yang berjuang untuk bertahan hidup. Sang Photografernya bunuh diri, tidak lama setelah menerima hadiah tersebut (1994). 




13. “The Falling Man”, diambil dari tragedi 9/1 (2001).




No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.