Thursday, 14 April 2011

Rosihan Anwar Wafat

Tokoh Pers Nasional & Wartawan Senior
Rosihan Anwar Tutup Usia

Jakarta - Jendela Informasi, Innalillahi Wainnaillaihi Rojiun, hari ini, kembali Bangsa Indonesia, kehilangan putra terbaiknya. Tokoh Pers Nasional  sekaligus wartawan senior Rosihan Anwar kembali menghadap yang kuasa.  Lelaki kelahiran  Kubang Nan Dua Kabupaten Solok, 10 Mei 1922 dan tutup usia di Jakarta 14 April 2011.  Anak ke empat dari 12 bersaudara, putra Anwar Maharaja Sutan, seorang  Demang di Padang Pantai Barat Sumatera ini, almarhum meninggal dunia dalam  perjalanan ke Rumah Sakit, diduga karena sesak nafas dan jantung, pada Kamis pagi  jam 08.15 WIB, di Rumah Sakit Metropolitan Media Center (MMC) Kuningan Jakarta dalam usia 89 tahun. Dari Rumah Sakit, selanjutnya  jenazah almarhum langsung dibawa oleh pihak keluarga dan disemayamkan di Rumah Duka Jalan Surabaya No. 13 Menteng, Jakarta Pusat. Tokoh Pers Nasional sekaligus wartawan senior ini beristrikan Siti Zuraidah (telah wafat lebih dahulu), pada masa Pemerintahan Orde Baru,  Rosihan Anwar mendapat penghargaan Bintang Maha Putra Kelas 3, meskipun pada akhirnya rezim Orde Baru  tak urung membredel korannya, karena di sinyalir sangat kritis dengan kebijakan  pemerintah yang di nilai  tidak membela  kepentingan masyarakat luas.

Rosihan Anwar memulai karir jurnalisnya  pada kisaran usia 20 tahun, dan terus berkarya sampai akhir hayatnya, ada sekitar 21 judul buku yang telah ditulisnya dan ratusan artikel yang telah diterbitkan  di hampir semua koran dan majalah utama Indonesia serta beberapa penerbitan asing. Hingga Sampai  akhir hayatnya  terus berkarya, diantara masih ada tersisa  1 judul buku yang belum sempat diterbitkan, yakni mengenai perjalanan cintanya dengan sang istri.

Sejumlah pejabat tinggi dan tertinggi negara, tokoh-tokoh nasional,  politisi dan insan pers serta masyarakat luas, terus berdatangan ke rumah duka,  guna menyampaikan penghormatan terakhir, tampak hadir di rumah duka, diantaranya adalah mantan Menteri Penerangan Harmoko,  mantan Menteri Urusan Wanita jilid I, Mutia Hatta, Gubernur DKI Jaya Fauzi "Foke" Bowo, yang sempat berbicara memawali keluarga dan Mantan Presiden Habibie, Ketua MPR Taufik Kiemas, Pengusa Probo Sutejo, juga aktris senior Christine Hakim serta beberapa tokoh lainnya.

Rencananya Wapres Boediono, akan lebih dahulu hadir dirumah duka siang ini, sekitar pikul 13:00 Wib, selanjutnya di susul Oleh Presiden SBY beserta Ibu Ani Yodoyono. Dalam keterangannya, Presiden SBY mengatakan bahwa, Rosihan Anwar bukan hanya sekedar sosok wartawan, melainkan juga seorang sastrawan dan budayawan.

Sebelumnya juga salah seorang putra Almarhum, saat diwawancarai  oleh salah satu stasiun teve swasta  mengatakan : "Sebelumnya sekitar 2 bulan yang lalu, Ayah saya terdeteksi penyakit jantung, dan disarankan oleh dokter  yang menanganinya, agar segera di operasi", dan operasipun berhasil dilakukan saat itu, di Jakarta.

Rencananya jenazah Tokoh Pers Nasional Rosihan Anwar, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan  Kalibata, Jakarta, usai sholat Zuhur siang ini atau diperkirakan sekitar pukul 16:00 Wib. Tentang Rosihan Anwar, selengkapnya bisa anda lihat di sini.

Selamat jalan Pahlawan Persku, tauladanmu akan selalu menyertai jiwa kami.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.