Saturday, 2 April 2011

Kupu Kupu Langka

7 Species Kupu - Kupu 
Paling Menakjubkan

Alam dan ekosistem adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, namun akibat tingginya jumlah pertumbuhan penduduk bumi, membuat alam dan ekosistem serta sejumlah flora dan fauna semakin terdesak habitatnya, bahkan ada beberapa species yang telah punah.

Diantara yang hampir punah saat ini adalah kupu - kupu, jenis serangga yang bisa terbang dengan  mempunyai motif dan warna  yang indah pada kedua sayapnya ini, tidak luput dari desakan lonjakan pertumbuhan penduduk dan ekosisitem alam, karenanya ada beberapa species kupu-kupu yang telah sangat langka, bahkan punah.

Berikut 7 jenis kupu-kupu yang paling menakjubkan, diantaranya adalah :

1. Purple Spotted Swallowtail

Purple Spotted Swallowtail adalah jenis kupu-kupu yang tidak diragukan lagi keindahannya, habitatnya saat ini semakin terancan, kupu-kupu jenis ini hanya terdapat di dataran tinggi Papua Nugini. Kupu-kupu indah ini, berasal dari keluarga Papillionidae dan merupakan jenis kupu-kupu yang sangat langka.


2. Red Lacewing

Banyak jenis kupu-kupu denganwarna yang indah mendiami daerah Filiphina, termasuk diantaranya adalah Red Lacewing. Jenis kupu-kupu seperti ini, bukanlah termasuk dalam kategori yang terancam punah, melainkan sangat banyak dan mudah ditemui diantaranya di India, Nepal, China dan Indonesia. Dengan warna yang menyolok dan serta pola yang kompleks, kupu-kupu ini memenag dapat juga dikatakan sebuah karya semi alami.


3. Blue Morpho

Kalau yang satu ini lain lagi, ini jenis kupu-kupu yang mempunyai warna biru metalik. Hampir di seluruh dunia, orang menyukai warna biru, jadi todak jarang kalau orang banayak menyukai kupu-kupu jenis ini, warnanya yang mengkilap seirama, sehingga membuat kupu-kupu jenis ini beda dalam penampilan. Kupu-kupu Blue Morpho ini mempunyai lebar sayap 8 inchi, jenis ini ditemukan di daerah Amerika Tengah dan Selatan serta Mexico.



4. Leopard Lacewing

Daerah Timur belahan dunia, adalah rumah bagi spicies beberapa kupu-kupu yang menarik, namun yang paling menyolok dari kupu-kupu jenis Leopard Lacewing ini, adalah karena warnanya yang cerah dengan skema yang benar-benar unik dari pola yang terdapat di kedua sayapnya. Jenis kupu-kupu seperti ini bisa ditemukan di  India, China, Malaysia dan Singapore serta sedikit di Indonesia.


5. Peacock Butterfly

Belahan Benua Eropa, banyak memiliki species kupu-kupu indah, meskipun yang paling cantik dan sangat mempesona warnanya adalah Peacock Butterfly. Kupu-kupu jenis ini merupakan jenis yang artistik dalam hal penampilan, selain di Eropa, kupu-kupu jenis ini bisa juga ditemukan di daerah beriklim sedang di Asia. Kupu-kupu jenis ini tidak begitu besar, dasar warna pada ke sayapnya adalah warna merah karat dan di kedua ujung sayap,masimg-masimg terdapat motif, sehingga kelihatan begitu indah dan mempesona.


6. Australian Painted Lady

Namanya juga sudah Australian Painted Lady, sudah pasti kuu-kupu jenis ini berasal dari Benua Australia, kupu-kupu jenis ini termasuk salah satu yang paling menakjubkan di dunia, karena warna dan motifnya yang khas. Selain di Australia jenis ini juga bisa ditemukan di New Zealand.

Kupu-kupu yang sarat akan warna ini, biasanya bermigrasi ke Selatan dengan jumlah yang besar, dari negara-negara bahagian Utara seperti : Queensland dan New South Wales. Bila saat kupu-kupu ini bermigrasi, sungguh merupakan suatu pemandangan yang luar biasa dari ribuan kupu-kupu yang berterbangan dengan warna nan indah serta motif yang unik.


7. Monarch Butterfly

Lain Australian Painted Lady, lain pula Monarch Butterfly, untuk jenis yang fantastis ini atau bisa disebut "Karya Seni Hidup", Amerika Utara adalah rumahnya. Jenis ini terkenal dengan motif  sayapnya seperti jeruk (perhatikan motif, warna serta bentuknya yang sempurna, antara kedua sayapnya, persis sama) dengan pola warna hitam dengan lebar sayap sekitar 4 inchi.

Kupu - kupu ini sangat populer, karena selalu bermigrasi ke Selatan dan kembali ke Utara pada musim panas. Peristiwa ini adalah merupakan suatu pertunjunkan seni hidup yang sangat monumental.


Sumber : Sor 'So.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.