Wednesday, 20 April 2011

Franky Sahilatua Tutup Usia

Pelantun "Orang Pinggiran" Itupun
Pergi Untuk Selamanya

Franky Sahilatua
Jendela Informasi - Baru saja Indonesia kehilangan penyanyi dan musisinya, kini Indonesia kembali kehilangan  seorang penyanyi sekaligus musisi senior, kali ini pelantun tembang "Orang Pinggiran dan "Perahu Retak", yang bercerita tentang ketidakadilan. Franky Sahilatua menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta, pada Rabu 20 April 2011, sekitar pukul 15.15 WIB, karena penyakit kanker sumsum tulang belakang yang dideritanya.

Lelaki kelahiran 16 April di Surabaya ini, diawal kemunculannya era tahun 70-an, berduet dengan adiknya Jane, yang terkenal dengan sebutan "Franky and Jane" mereka, membawakan lagu-lagu balada yang sarat dengan thema nuasa alam Indonesia, diantaranya album yang populer saat itu "Musim Bunga", "Kepada Angin & Burung Burung" serta beberapa album lainnya. Namun semenjak ia bersolo karier, Franky merubah lirik lagunya,  syairnya sarat dengan  kritik-kritik sosial tentang negeri ini, bahkan  ia sempat terjun ke dunia politik, meskipun tidak masuk dalam salah satu partai politik.

Pria ini jualah yang mempopulerkan lagu Cicak dan Buaya, ketika terjadi perseteruan sengit antara institusi KPK dengan pihak  Kepolisian. Sebelumnya penyanyi sederhana, yang terkenal lewat lagu-lagu balada yang sarat kritik sosial ini, sempat menjalani perawatan selama 7 bulan di salah satu Rumah Sakit Singapore, namun semenjak kepulangannya ke Tanah Air, kondisinya terus mengalami menurunan, namun takdir pulalah yang menentukan, lelaki kelahiran Surabaya ini, meninggal dunia karena penyakit kanker sumsum tulang yang dideritanya, selama kurun  1 tahun belakangan ini.

Jenazah Franky disemanyamkan di rumah duka, Komplek Pelangi, Jalan WR. Supratman No. 72 Bintaro, Tangerang, Banten. Rencana jenazah  almarhum Franky akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta, sembari  menunggu kedatangan anak almarhum dari Singapore.

Franky wafat di usia 57 tahun, namun namanya telah terpatri di dunia musik Indonesia. "Selamat jalan Bung Franky, karya-karyamu akan selalu menjadi inspirasi buat kami".___

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.