Friday, 11 February 2011

Mubarak Turun

 Hosni Mubarak Lengser Keprabon?

Hosni Mubarak
Jakarta - Akibat demo yang berkepanjangan dari jutaan rakyat Mesir, diduga Presiden Mesir Husni Mubarak, akan mengumumkan pengunduran dirinya Kamis malam waktu setempat. Desakan mundur dari jutaan rakyat Mesir ini adalah harga mati untuk Presiden Husni Mubarak.

Pihak militer Mesir menyatakan bahwa Husni Mubarak akan memenuhi tuntutan rakyat, hal ini dilakukan demi kepentingan keamanan negara. Namun apa yang terjadi, dalam pidatonya Kamis (10/02/2011) waktu setempat Presiden Husni Mubarak, dengan tegas tetap menolak mengundurkan diri.

Buntut dari penolakan pengundurkan diri Mubarak ini membuat para demonstran menjadi semakin marah, situasi di ibu kota Mesirpun semakin tidak menentu, diperkirakan usai sholat Jum'at para demonstran yang marah berpawai dari Tahrir Square menuju istana presiden di pinggiran kota Kairo,dari Heliopolis, di tengah ketatnya penjagaan oleh pasukan keamanan dan kini istana Mubarak berubah menjadi pangkalan militer.

Sementara itu Wapres Omar Sulaeman, yang baru dilantik oleh Mubarak, menolak adanya pemerintahan transisi, bahkan wakil presiden Mesir, yang baru dilantik ini telah mengancam para demonstran dan akan menggunakan kekuatan militer, namun ancaman tersebut tidak menyurutkan tekad demonstran untuk menurunkan Hosni Mubarak, bahkan jumlah rakyat yang bergabung dengan para demonstran anti Mubarak ini semakin bertambah, paramedispun juga turun kejalan bergabung dengan para demonstran .

Karena desakan terus menerus dilakukan para demonstran, akhirnya Presiden Hosni Mubarak inipun  resmi mengumumkan pengunduran dirinya pada Jum'at (11/02/2011) waktu setempat, meskipun sehari sebelumnya tetap menyatakan tidak akan mengundurkan diri.

Wakil Presiden Mesir, Omar Suleiman, mengungkapan bahwa Presiden Hosni Mubarak telah mengundurkan diri dan kontrol negara saat ini diserahkan kepada militer. Seperti dikutip dari laman AP, klakson mobil terdengar seantero Kairo untuk merayakan pengumuman mundurnya Presiden Hosni Mubarak yang disampaikan Omar Suleiman melalui TV nasional, Jumat waktu setempat.
 
Sontak Jutaan rakyat Mesir yang berada di lapangan Tahrir Square, Kairo bersorak  riang meluapkan kegembiraan atas mundurnya Presiden Mesir Hosni Mubarak, tak urung suka cita juga terlihat pada warga Mesir yang berada di London, Inggris. (JI/AC)

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.