Thursday, 6 January 2011

Senapan


Beberapa Senapan Yang Turut Andil
Dalam Perang Kemerdekaan 
Republik Indonesia


Sebelumnya marilah kita merenung sejenak dan mendo’akan agar arwah para pejuang dan pahlawan yang telah gugur demi untuk memerdekakan negeri Indonesia tercinta ini, diterima disisi Allah SWT.

Mari kilas balik sebentar pada masa Perjoengan, terkadang kita lupa bahkan  melupakan sejarah masa lalu, pada hal tanpa masa lalu mustahil ada masa sekarang.

Sekedar untuk mengingatkan kepada para generasa muda, bahwa ada benda-benda yang begitu berarti pada masa lalu yang mungkin sekarang, telah kita mupakan, bahkan ada yang tidak mengenalnya. Kalo kita mau jujur disamping Bambu Runcing, Semangat dan Patriotisme para Pejuang serta Rakyat yang begitu mendalam terhadap negeri, untuk mengusir penjajah dari atas Bumi Pertiwi, tak ketinggalan dan turut pegang peranan adalah senjata atau senapan yang dipergunakan oleh Para Pejuang Indonesia.

Kebanyakan senapan-senapan yang digunakan para pejuang Indonesia adalah senjata rampasan dari para penjajah Belanda, Jepang dan tentara Inggris, mungkin tanpa senapan-senapan ini, bangsa Indonesia, belum Merdeka pada tahun 1945, senjata/senapan pelaku sejarah itu diantaranya : 

1. Ariska 

Ariska

Senapan ini dirampas oleh para pejuang Indonesia dari tentata Jepang. Senapan Ariska ini merupakan Bolt Action Rifle buatan Jepang, terdiri dari 5 varian yaitu : type 30, 38, 44, 97, 99. Tipe 44 adalah yang paling banyak dipergunakan oleh Para Pejuang kita Tempoe Doeloe. Pada thn 1898, Jepang untuk pertama sekali memproduksi senapan ini. Senapan ini mempunyai jarak tembak efektif 400 meter.

2. LE (Lee Enfield)

Lee Enfield

Para pejuang Indonesia merampas senapan ini dari tentara Belanda dan Inggris, SMLE (Short Magazine Lee Enfield) merupakan Bolt Action Rifle, pada awalnya memakai sistem Magazine, dan  untuk kali pertama diproduksi oleh Inggris pada tahun 1895,  senapan ini digunakan dalam 2 Perang Dunia, bahkan juga pada konflik Afganisthan. Sesuai dengan namanya, senapan ini didesain oleh James Paris Lee, RSAF Enfield. Jarak tembak efektif senapan ini adalah : 503 meter.

3. Lewis

Lewis

Hasil kerja sama antara Amerika Serikat dan Inggris, maka lahirlah Light Machine Gun ini. Diproduksi di kedua negara sedangkan, senjata ini didesain oleh seorang Perwira Angkatan Darat Amerika bernama : Colonel Isaac Newton Lewis. Senjata ini mulai diproduksi pada tahun 1913 serta digunakan sangat luas oleh angkatan bersenjata Inggris pada masanya. Senjata ini menorehkan sejarah bagi bangsa Indonesia, karena gembong PKI Muso tewas ditembak dengan senjata ini. Rate of Fire senjata ini adalah : 500 s/d 600 peluru/menit, Sedangkan jangkauan Jarak tembak efektif adalah 800 meter

4. Thompson

Thompson

Senjata ini dirampas penjuang Indonesia dari tentara Belanda. Bagi yang sering bermain Game Call of Duty, pasti sudah mahir menggunakannya dan tentu sudah tidak asing lagi dengan senapan yang satu ini. Pada Perang Dunia kedua, senjata ini merupakan senjata andalan pasukan Sekutu dan merupakan senjata standar pasukan, adalah Amerika Serikat yang memproduksi senjata ini pada tahun   tahun 1921. Senjata ini didesain oleh John T. Thompson, dalam perjalanan sejarahnya senjata ini banyak dipakai oleh mafia-mafia seperti Al Capone, senapan ini tergolong SMG mewah terutama karena harganya yang mahal dan sulit diproduksi serta kompleks pembuatannya, tapi sangat luas penggunaannya. Senjata ini mampu menembakkan peleru (Rate of Fire) 600 s/d 1200 peluru/menit, dengan jarak tembak efektif 50 meter.

5. Bren

Bren
Para pejuang Indonesia merampas senapan ini dari tentara Belanda dan Inggris, Light Machine Gun Inggris adalah  senapan andalan sekutu untuk melawan Light Machine Gun buatan Jerman yang terkenal yakni MG42. Senjata ini sangat terkenal serta digunakan secara luas di hampir seluruh medan perang. Sebenarnya Bren merupakan modifikasi dari Light Machine Gun asal Czechoslavkia jenis ZB vz. 26. Senjata ini diproduksi untuk pertama kali  pada thn 1935. Rate of Fire senjata ini adalah  500 s/d 520 peluru/menit sedangkan jarak  tembak efektif adalah 550 meter.

6. M1 Garand

M1 Garand

Senjata ini dirampas oleh para pejuang kita, dari tangan tentara Belanda dan Inggris.  inilah Bolt Action Rifle tentara sekutu yang paling terkenal selama Perang Dunia kedua. Senjata ini adalah senjata wajib, apalagi  kalau anda bermain Game Call of Duty. Senjata bolt action ini yang terlaris dalam sejarah. Senapan buatan Amerika Serikat ini pertama sekali diproduksi pada tahun 1936. Sesuai dengan namanya John C. Garandlah pendesain senjata ini, sedangkan jarak tembak efekti senjata ini adalah 402 meter.


7. Nambu Type 97

Nambu Type 97


Light Machine Gun ini adalah buatan Jepang ini selain dipasang di tank dan pesawat, juga digunakan oleh pasukan infanteri. Awal produksinya adalah tahun 1937. Senjata ini mampu memuntahkan peluru (Rate of Fire) 500 peluru/menit, dengan  jarak tembak efektif 540 meter.

8. Owen

Owen

Para pejuang Indonesia merampas senjata ini dari tangan tentara Inggris, senapan Owen adalah SMG buatan Australia. Diproduksi untuk pertama kali tahun 1938, senapan ini di  desain oleh seorang veteran tentara Australia, Evelyn Owen. Dibuat berdasarkan perpaduan antara SMG Sten Gun Inggris dan Thompson Amerika. Senjata ini mampu menembakkan peluru (Rate of Fire) 700 peluru/menit.

9. Sten Gun (Mk I - Mk VI)

Sten Gun

Para pejuang Indonesia merampasnya senapan ini dari tentara Inggris, Sub Machine Gun made in UK (United Kingdom)  ini mulai diproduksi thn 1941. Perancang senapan ini adalah Major Reginald V, Shepherd & Harold J dan  Turpin. Senapan ini di desain agar mudah diproduksi secara massal dengan harga yang murah. Tidak heran kalau bentuknya sangat sederhana dan agak kasar. Kalau kita bandingan harganya,  15 pucuk Sten Gun sama dengan 1 pucuk Lee Enfield. Sten Gun ini mampu memuntahkan peluru (Rate of Fire) 500 peluru/menit dengan jarak tembak efektif 60 meter.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.