Wednesday, 12 January 2011

Makkah Al-Mukarromah

Ka'bah Qiblat 
Umat Muslim Sedunia

Masjidil Harram Makkah Al-Mukarromah
Jakarta - Makkah Al-Mukarromah sebagai Qiblat umat Muslim sedunia. Masjidil Harram terletak  di Tanah Suci Makkah Al-Mukarromah, didalamnya  terdapat Ka’bah sebagai Qiblat Umat Muslim sedunia, yang pintunya berlapis  emas murni seberat 286 kg.


Perluasan pertama Masjidil Harram dilakukan oleh Kalifah Umar bin Khatab pada tahun 17 Hijriah, dilanjutkan oleh Kalifah Ustman bin Affan tahun berikutnya yakni 18 Hijriah. Selanjutnya perluasan demi perluasan serta renovasi dilakukan pada zaman yang berbeda-beda dari Bani Ummaiyah, Bani Abbasiyah Turki, Utsmani dan Dinasty Saudi.

Peristiwa yang sangat penting dalam perluasan Masjidil Harram yang diumumkan oleh Raja Abdul Aziz bin Sumuth pada tahun 1360 Hijriah, adalah karena berlangsung selama 20 tahun dan luas Masjidil Harram yang tadinya tidak lebih dari 19 ribu meter/segi, bertambah menjadi 160 ribu meter/segi. 

Maqom Nabi Ibrahim AS - Masjidil Harram Makkah
Masjidil Harram sendiri mempunyai : 1 pintu gerbang utama, 14 pintu kecil dan ditambah pintu-pintu masuk yang ada sekarang, juga terdapat 2 buah menara setinggi 180 meter yang didesain menyerupai 7 menara lainnya, ditambah 2 escalator, masing-masing 1 di bahagian Selatan dan  Utara, sedangkan halaman Masjidil Harram terbuat dari marmer putih yang memantulkan panas. (AC/JI)

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.