Saturday, 8 January 2011

Elfa Secioria

Elfa Secioria Tutup Usia

Elfa Secioria
Sepanjang hidupnya, pria ini menghabiskan waktu untuk dunia tarik suara Indonesia, Elfa tetap seorang idealis dalam usaha menghasilkan karyanya dan bisa dipastikan beliau termasuk orang punya andil besar dalam melahirkan penyanyi-penyanyi tenar Indonesia. Adalah “Elfa Secioria Hasbullah” lelaki kelahiran 20 Februari 1959 di Garut, Jawa Barat, sejak kecil sudah getol bermain piano. Hasbullah Ridwan, sang ayah yang juga seorang anggota polisi, yang juga aktif sebagai musisi musik jazz, yang menurunkan bakan pada Elfa kecil.

Elfa yang saat itu berusia 19 tahun membentuk sebuah vocal grup, setelah menyelesaikan belajar komposisi music secara formal dan informal. Grup vocal bentukan Elfapun selalu menjadi langganan juara di beberapa festival di luar negeri.

Pada era tahun  80 an, prestasi Elfa semakin melesat, lewat "Detik Tak Bertepi" yang dinyanyikan Christine Nathalia Panjaitan, dan pada ajang ASEAN Song Festival Elfa berhasil meraih penghargaan “The Best Arranger & The Best Song”

Lantas ia mendirikan sekolah music bernama Elfa’s Musik School dan pada tahun 1978 membentuk Elfa Singer yang sekarang beranggotakan Agus Wisman, Yana Julio, Lita Zen dan Uci Nurul. Tony Sianipar, Rita Effendy atau bahkan Titi DJ pernah bergabung dengan vokal grup itu.

Sampai saat ini, Elfa's Singers dan Elfa's Music School tetap rutin mengikuti festival-festival musik di luar negeri. 

Elfa juga pernah sukses saat berkolaborasi dengan Harvey Malaiholo. Bersama Harvey, ia merilis 'Gempita dalam Nada'. Lagu tersebut juga mengantarkan Harvei meraih The Best Performer di ajang Golden Kite Festival di Malaysia pada 1984.

Setiap penyanyi Indonesia pasti ingin mendapatkan sentuhan dari Elfa. Bunga Citra Lestari pun sempat berlatih vokal dengan Elfa, begitu pun dengan Andien dan banyak lagi.

Tidak sedikit penyanyi-penyanyi dan grup vocal tenar negeri ini, yang  lahir dari tangan dingin seorang Elfa Secioria, ayah 5 anak ini, dikenal sebagai sosok yang  sangat disiplin  dan  seorang musisi besar yang punya dedikasi tinggi untuk menciptakan musik yang berkualitas.

Tampak hadir di rumah duka para penyanyi tenar, diantaranya Dewi Gita, Arman Maulana, Yovie, Hedy Yunus dan penyanyi senior Grace Simon, semua turut larut dalam kedukaan yang mendalam.
Namun akhirnya kuasa Illahi juga yang memisahkan, pada Sabtu sore (8/1/2011), dunia musik Indonesia pun berkabung, Elfa Secioria Hasbullah menghembuskan  terakhirnya pada  usianya yang ke-51 tahun, akibat penyakit komplikasi yang dideritanya.

"Selamat jalan Elfa Secioria", karya-karyamu selalu terpatri di hati kami..

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar, namun secara santun & dengan tidak melakukan komentar spam, terima kasih.